Sunday, 24 May 2015

Cara Mengatasi Laptop Windows 8 Tidak Konek ke Proyektor

Tags

Cara Mengatasi Laptop Windows 8 Tidak Konek ke Proyektor - Beberapa waktu yang lalu ada teman yang mengalami sebuah masalah dimana laptopnya yang menggunakan Windows 8 tidak bisa

Thursday, 14 May 2015

#Curhatan Rasa Ala Saya

Tags
Memasak, siapa sih di sini yang enggak kenal dengan kegiatan yang satu ini? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, memasak mempunyai arti yaitu membuat (mengolah) panganan, makanan, gulai, dan sebagainya.

#Curhatan Rasa Ala Saya

Jika kita berbicara mengenai masak maka yang akan terlintas dibenak kita adalah sosok seorang wanita, karena apa? Ya karena memasak itu sangat identik dengan kaum hawa, dalam artian hampir semua wanita pasti bisa atau senang dengan kegiatan memasak.

"Lho.. kenapa kok bisa begitu?"

Hal itu bisa terjadi karena diakibatkan oleh beberapa sebab, seperti yang sudah saya rangkum pada gambar di bawah ini:

#Curhatan Rasa Ala Saya


Meskipun memasak itu identik dengan wanita tapi jangan salah ya, karena pada kenyataanya laki-laki juga bisa memasak kok, walaupun hanya sedikit menu masakan dan juga masakan yang dibuat tergolong sederhana seperti:

#Curhatan Rasa Ala Saya


Eitts.. jangan diremehkan karena tidak sedikit pula laki-laki yang saat ini menjadi koki (chef) profesional, contohnya: Chef Juna, Chef Muto, Chef Degan, Chef Arnlold, Chef Edwin Lau dan masih banyak lagi.

"Emangnya laki-laki itu harus bisa masak?"

Banyak yang beranggapan bahwa laki-laki tidak perlu memasak karena sudah bekerja banting tulang untuk mencari nafkah namun, bagi saya itu tidak. Menurut saya pribadi sih, laki-laki harus bisa masak karena beberapa alasan berikut:

#Curhatan Rasa Ala Saya

Saya sendiri adalah laki-laki atau lebih tepatnya remaja laki-laki, sekarang saya tengah duduk di bangku kelas XI salah satu Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Kali ini saya akan menceritakan beberapa pengalaman saya saat pertama kali memasak. Dulu waktu kecil.. Dulu sekali.. saya mengira bahwa memasak itu adalah urusan seorang wanita dalam hal ini adalah Ibu saya, namun hal itu berubah saat saya berada di kelas IX tepatnya saat mengikuti kegiatan Palang Merah Remaja yaitu JUMBARA (Jumpa Bakti Gembira) pada tahun 2012.

Kegiatan itu diadakan di Desa Kras Kabupaten Kediri, walaupun masih dalam satu kabupaten namun lokasi kegiatan dengan rumah saya terbilang sangat jauh jadi saat itu saya terpisah oleh kedua orang tua. Di sana kami diberi makan tiga kali sehari, namun itu tidak cukup bagi saya karena saya pada waktu itu masih dalam tumbuh kembang jadinya perlu banyak makanan. hahaha

Nah.. ceritanya sudah jam malam waktunya tidur namun karena perut masih lapar saya memutuskan untuk pergi ke tenda dapur, di sana enggak ada makanan matang satu pun, yang ada cuman bahan-bahannya saja. Sebenarnya saya mau masak tapi enggak mengerti caranya? Jadi, dengan sangat terpaksa dan lapang dada saya memutuskan untuk tidur dengan perut keroncongan :( dan itu terjadi selama 4 hari berturut-turut.

#Curhatan Rasa Ala Saya


Sepulang dari kegiatan itu saya bertekad untuk bisa memasak agar kejadian serupa tak terulang kembali. Lalu saya mencoba browsing di Internet mengenai resep-resep masakan atau jajanan, dan saya sangat tertarik untuk membuat sebuah pancake karena kelihatannya sangat mudah. Dengan hanya bermodal resep di Internet dan rasa percaya diri yang tinggi saya mencoba membuatnya, namun tahukah kalian bagaimana hasilnya? Hasilnya itu tidak ada mirip-miripnya dengan gambar yang ada di internet, entah gara-gara saya salah dalam membuat atau emang Internetnya yang gak bener, pancake buatanya saya tidak mengembang, waktu dimakan terasa agak aneh dan juga masih terasa tepung-tepungnya gitu :D haha *ini beneran loh

Walaupun gagal namun saya tidak menyerah atau putus asa, seminggu sesudah itu saya membuat dodol susu yang juga berbekal resep dari Internet, saat itu saya membuatnya dengan sungguh-sungguh agar hasilnya menjadi sempurna.

Singkat cerita setelah berjam-jam mengaduk dodol akhirnya saya merasa si dodol sudah matang, lantas ku tuang ke dalam wadah besar. Rasanya sangat enak lho dan bisa dikatakan bahwa dodol buatan saya ini tidak gagal, akan tetapi ada masalah yang muncul yaitu si dodol enggak bisa lepas dari wadah. haduuhh.. -_-

Eittss.. pengalaman memasak saya tak cukup itu saja, dulu pernah juga masak nasi goreng gosong karena masaknya sambil ditinggal lihat televisi, pernah juga masak asin banget, pokoknya macem-macem deh pengalaman saya waktu mula-mula memasak. Sudah ah cerita pengalaman gagal memasaknya, sekarang giliran pengalaman memasak yang sukses ya atau kata pesulap Demian sih "sempurna.."

Walaupun saya terbilang kurus, namun dalam urusan makan saya bisa menjadi-jadi apalagi sekarang masih dalam masa tumbuh kembang jadi makanan yang diperlukan lumayan banyak ditambah pula saya memang suka Jelajah Rasa, menjelajahi berbagai rasa makanan yang ada. Sedangkan Ibu saya sendiri memiliki sebuah toko sembako yang lumayan ramai jadi, biasanya sih saat saya pulang sekolah Ibu masih belum masak. Nah.. pada saat itulah saya mulai beraksi, saya paling suka membuat mie goreng (bukan mie instan lho). Dalam membuatnya saya memerlukan bahan-bahan berikut ini:
  • Mie
  • Kecap
  • Sawi
  • Kubis (Kol)
  • Tomat
  • Garam
  • Bawang merah
  • Bawang goreng
  • Bawang putih bubuk cap koepoe-koepoe
  • Lada putih cap koepoe-koepoe

Setelah berbagai macam bahan di atas dicampur dan diolah dengan rasa dan juga cinta, wallaaa.. this is it, mie goreng ala saya.



Walaupun terlihat sederhana namun mie goreng ini bagi saya sangatlah istimewa karena saya yakin bahwa setiap masakan yang dibuat dengan tangan sendiri akan lebih terasa enak dibandingkan masakan lainnya.

Dan dari setiap pengalaman tersebut saya selalu berlajar bagaimana cara memasak dengan baik dan dari itu pula pelan-pelan saya mulai mengenal berbagai macam bumbu rempah-rempah. Tiap kali membuat makanan saya selalu menggunakan bahan-bahan pilihan yang bermutu seperti yang ada pada produk koepoe-koepoe

"Tunggu dulu.. koepoe-koepoe itu produk apaan sih?"

Loh.. masa kalian belum tahu tentang koepoe-koepoe? Padahal produk ini telah ada sejak dulu kala, bahkan sebelum negara kita tercinta ini merdeka lho atau sejak tahun 1942.

"Lha kan saya enggak hobi masak, jadi ya enggak mengertilah. hehe"

#Curhatan Rasa Ala SayaYa sudah kalau begitu mari saya jelaskan sedikit mengenai koepoe-koepoe ini, disimak baik-baik ya! Koepoe-koepoe merupakan sebuah brand bahan pengolah makanan (pangan) yang tetap setia mendampingi kita semua dari tahun 1942 hingga saat ini, dengan berbagai produknya yang berkualitas serta bermutu. Produk-produknya meliputi:

1. Rempah-Rempah
Lada putih bubuk, Lada hitam bubuk, Bawang putih bubuk, Ketumbar bubuk, Kunyit bubuk, Biji pala bubuk.

2. Bahan Kue
Pengembang kue, Soda kue, Vaneli crystal, Ragi kering, Natrium benzoat (pengawet), CMC (pengental), VX (pengembang kue), Krim bubuk pelapis kue, Citroen zuur (pengatur keasaman asam sitrat, Bumbu Spekoek (bumbu kue lapis), SP (pengemulsi), Ovalet (pengemulsi), Pewarna makanan, TBM (pengemulsi), Gula cair.

3. Perisa Pasta
Pandan, Cokelat, Stroberi, Vanilla, Cocopandan, Pisang ambon, Sirsak hijau, Orange crush, Nangka, Kopi moka, Durian, Moka.

4. Pewarna Makanan
Hijau tua, Kuning tua, Merah cabe.

5. Bumbu Siap Pakai
Bumbu ayam goreng lengkuas, Bumbu ayam goreng rempah, Bumbu nasi goreng ayam, Bumbu nasi goreng pedas, Bumbu nasi goreng rempah, Bumbu sayur asem, Bumbu sayur lodeh.


"Kenapa pilih produk koepoe-koepoe?"

Selain karena bisa memberikan berbagai rasa yang istimewa, alasan lain yang mendasari mengapa saya memilih produk koepoe-koepoe adalah seperti yang tertera pada gambar di bawah ini:

#Curhatan Rasa Ala Saya


Bagi kalian yang ingin belajar memasak dan mengetahui berbagai hal mengenai dunia memasak, kalian juga bisa untuk mengunjungi website resmi koepoe-koepoe di jelajahrasa. Di dalam websitenya kalian bisa melakukan atau menemukan berbagai hal seputar memasak lho.. mulai dari memberi nama pada menu masakan tertentu, kalian bisa menemukan berbagai resep baru, bisa menuliskan resep yang kalian miliki, mengkreasikan resep, mengetahui banyak tips mengenai memasak, mendapat berbagai pengetahuan baru dalam hal memasak, dan masih banyak lagi yang bisa kalian temukan di sini. 

Oh iya, ada satu hal yang paling saya suka di website jelajahrasa.co.id yaitu fitur Temukan Rasamu, sesuai dengan namanya fitur ini menampilkan hasil kepribadian kalian sesuai dengan pilihan rasa. Jika kalian meng-klik ini maka akan muncul sepuluh pertanyaan, kalian cukup memilih sesuai dengan apa yang kalian rasa dan pada akhirnya kalian akan memperoleh hasil kepribadian kalian masing-masing, kalau punya saya sih seperti ini:

#Curhatan Rasa Ala Saya


Yah.. Jadi sih intinya kalau kalian memang ingin memasak, berusahalah! Dan ketika kalian gagal untuk memasak cobalah untuk berlatih lagi, memang pada awalnya memasak itu adalah hal yang sulit dan rumit namun jika sudah terbiasa maka memasak akan menjadi sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Nah, mungkin cukup sekian dulu ya #CurhatanRasa ala saya, semoga tulisan saya ini bisa menginspirasi atau paling enggak memberi manfaat kepada kalian semua dan terimakasih banyak telah membaca. Lets cooking guys!! And good luck!


#Curhatan Rasa Ala Saya

Sumber penunjang data: 
- Jelajahrasa.co.id
- Pengalaman pribadi