Sunday, 30 July 2017

Kenapa Kapasitas Hard Disk Hanya Muncul Sebagian Saja?

Tags

Hard Disk (HDD) adalah salah satu perangkat keras pada laptop yang memiliki peran penting yaitu sebagai media penyimpanan berbagai macam data. Nantinya semua file kamu mulai dari film drama korea, dokumen skripsi, sistem operasi dan lain sebagainya akan tersimpan di sini.

Laptop sendiri memiliki kapasitas hard disk yang berbeda-beda, namun dengan kemajuan teknologi saat ini tak susah rasanya untuk mencari laptop dengan hard disk 1 TB ke atas. Laptop yang mempunyai hard disk kapasitas besar tentu sangat disukai, karena bisa menampung lebih banyak file.

Namun apa jadinya kalau kamu membeli laptop dengan kapasitas 1000 GB / 1 TB namun saat dicek di My Computer atau This PC kapasitas yang terlihat hanya sebagian saja?

Ini adalah kejadian yang pernah saya alami ketika membeli sebuah laptop. Pada spesifikasinya tertulis dengan jelas bahwa laptop itu memiliki kapasitas HDD sebesar 1000 GB.

Pada mulanya saya tak sadar akan hal itu namun setelah beberapa waktu memakainya saya baru ngeh kalau ada yang kurang, yaitu pada kapasitasnya penyimpanannya. Saat dilihat pada This PC yang tampak hanya local disk C (70.2 GB), local disk D (197 GB) dan local disk E (197 GB). Lalu sisanya yang 465 GB ke mana?

Sempat kepikiran kalau salah beli laptop, karena tipe laptop yang saya pakai ada juga varian lain yang pakai HDD 500 GB. Sempat juga mengira kalau hard disk laptopnya bermasalah. Namun semua pikiran itu salah besar, ternyata usut punya usut sebagian dari kapasitas laptop saya dalam keadaan “unallocated”.


Kapasitas Hard disk unallocated

Yah, unallocated adalah keadaan di mana kapasitas hard disk tak dialokasikan, hasilnya kapasitas itu menjadi tidak bisa digunakan karena tidak muncul. Jadi kalau diibaratkan, kapasitas hard disk unallocated itu ibarat stalker karena sebenarnya ia ada namun tidak nampak.

Lalu bagaimana cara agar kapasitas tersebut bisa muncul dan digunakan seperti pada umumnya? Nah, sebenarnya cara untuk memunculkannya mudah kok. Kamu tidak memerlukan bantuan software khusus, cukup dengan menggunakan fitur Disk Management yang sudah ada di sistem operasi Windows. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:


Cara Memunculkan Kapasitas Hard Disk Unallocated

  1. Buka File explorer kemudian klik kanan pada This PC dan pilih Manage (Sebagai contohnya, saya di sini menggunakan Windows 10)
  2. Pilihlah Disk Management, nanti kamu akan melihat kapasitas hard diskmu yang terbagi dalam beberapa partisi
  3. Klik kanan pada kotak kapasitas unallocated (yang berwarna hitam) dan pilih New Simple Volume..
  4. Klik Next, setelah itu pada bagian Simple volume size in mb silahkan ubah angka dalam kotak sesuai dengan keinginanmu atau tidak usah dirubah juga tidak apa-apa (nanti ini akan menjadi kapasitas partisi barumu) dan kalau sudah klik Next
  5. Pilih Assign the following drive letter: dan ubah kotak sebelahnya dengan huruf sesuai keinginanmu, lalu klik Next
  6. Pilih Format this volume with the following settings: dan pada bagian Volume label silahkan ubah dengan nama yang kamu inginkan (nanti ini akan menjadi nama partisimu) dan klik Next
  7. Terakhir silahkan klik Finish, tunggu sebentar dan silahkan pergi ke This PC kamu akan menemukan partisi baru.

Begitulah kira-kira cara untuk memunculkan kapasitas hard disk yang hilang, untuk lebih jelasnya lagi silahkan simak video tutorial berikut ini:



EmoticonEmoticon