Saturday, 9 September 2017

Pengalaman Klaim Garansi SSSC Laptop Acer

Tags

Pengalaman Klaim Garansi SSSC Laptop Acer

Beberapa bulan yang lalu saya memutuskan untuk membeli sebuah laptop baru. Hal itu karena laptop lama saya telah uzur dan tidak mampu lagi menjalankan program tertentu.

Sebelum membeli, saya berputar-putar di internet dan juga di beberapa toko laptop untuk menemukan laptop yang saya cari, yaitu laptop yang memiliki peforma maksimal dengan harga minimal.

Setelah mencari ke sana ke mari, akhirnya saya memutuskan untuk meminang sebuah laptop Acer tipe E5-475G. Laptop ini sendiri memiliki spesifikasi yang terbilang cukup baik dan harga murah di kelasnya.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Laptop Acer E5-475G

Namun, kebingungan dalam memilih sebuah laptop belum berhenti, karena di Kota saya ada dua pilihan laptop Acer E5-475G, yaitu yang bergaransi resmi atau yang bergaransi distributor SSSC.

Perbedaan mencolok dari keduanya adalah, laptop Acer yang bergaransi resmi hanya memboyong kapasitas harddisk sebesar 500 GB. Sedangkan yang bergaransi distributor memiliki kapasitas dua kalinya atau 1000 GB.

Selain itu, harga dari yang resmi dan distributor juga berbeda, di mana garansi resmi lebih mahal sedikit di banding yang distributor.

Itu membuat saya bingung untuk memilih yang mana, pilih yang resmi dengan harddisk kecil dan harga lumayan mahal atau pilih yang distributor yang memiliki harddisk besar dan harga agak murah?

Akhirnya, atas beberapa alasan mulai dari service center yang dekat, masa garansi yang lebih lama (1 tahun spare part, 2 tahun service), harga relatif lebih murah dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar membuat pilihan saya jatuh kepada laptop Acer E5-475G garansi distributor SSSC.

Saya beli laptop hari Jumat di salah satu toko komputer yang ada di Kota Kediri. Seperti umumnya orang membeli laptop, saya disuruh mencoba laptop itu terlebih dahulu.

Karena pada saat itu sore hari dan langitnya terlihat mendung, saya cepat-cepat deh nyobanya dan tidak memperhatikan dengan detail laptop yang akan saya beli.

Setelah proses pembelian selesai, saya bergegas pulang ke rumah. Perjalanan dari toko komputer ke rumah memakan waktu sekitar setengah jam. Sampai di rumah, langsung saja hidupkan laptop dan install game PES. wkwk

Semua berjalan lancar hingga akhirnya saya menyadari ada sesuatu yang janggal, dan itu adalah driver grafis Nvidia yang belum terpasang. Jadi Acer E5-475G ini selain pakai Intel HD Graphics 620 ia juga memakai NVIDIA GeForce 940MX.

Pertama, saya pikir ini adalah hal biasa dan bisa saya atasi sendiri dengan menginstallnya melalui CD Driver yang ada dalam paket pembelian, namun ternyata itu salah! Driver NVIDIA tetap tidak bisa terpasang.

Saya mencoba menginstall menggunakan bantuan software, gagal. Bahkan mencoba mempraktikkan tutorial yang ada di Youtube hasilnya tetap nihil. Oleh karena masih tidak bisa, saya memutuskan untuk kembali ke toko komputer tempat saya beli keesokan harinya.

Keesokannya, saya pergi ke sana malam hari. Kebetulan toko komputer tempat saya beli itu satu tempat dengan service center SSSC.

Saat itu saya masih belum beruntung, karena saat dicek install driver oleh pegawai tokonya tetap tidak bisa dan ia menyarankan saya untuk kembali ke situ dua hari lagi atau tepatnya hari Senin. Karena pegawai SSSC saat itu sudah pulang dan hari Minggu toko tutup, jadi baru bisa dilayani hari Senin.

Hari Senin habis dzuhur saya datang lagi ke situ, langsung menuju ke tempat service centernya. Saya bilang kalau driver NVIDIA tidak bisa dipasang padahal baru beli, terus mbak service centernya menyarankan agar laptopnya ditinggal dulu karena orang yang bagian memperbaiki laptop sedang istirahat.

Saya pun mengiyakan, kemudian saya diminta menunjukkan kartu garansi sama nota pembelian laptop tersebut dan nomor handphone yang bisa dihubungi.

Awalnya sih mbaknya bilang kalau maksimal prosesnya dua atau tiga minggu. Pertama denger sih saya agak kaget karena itu adalah bukanlah waktu yang singkat.

Namun, saat saya mau pulang dari situ, mbaknya bilang lagi “ya mungkin nanti tiga hari lagi bakal dihubungi.” Sayapun agak merasa lega mendengar kalimat itu.

Kemudian keesokan harinya, pada siang hari saya mendapat telepon dari nomor tak dikenal, ternyata itu adalah mbak service centernya. Ia bilang kalau laptop saya sudah dicek dan memang tetap tidak bisa terpasang.

Lalu mbaknya bilang kalau laptop saya diganti dengan yang baru dan bisa diambil malam harinya. Mendengar itu saya merasa lega dan senang. Malamnya, saya langsung capcus ke sana dan memang benar, saya diberi laptop baru dengan tipe yang sama.

Karena tidak ingin ada masalah yang sama, saat disuruh mencobanya saya memastikan bahwa seluruh bagian dari laptop berfungsi.

Akhirnya, proses klaim garansi ini berjalan dengan baik dan laptop yang saya beli hingga saat saya menulis artikel ini tidak mengalami kendala apapun. Overall, menurut saya pribadi pelayanan dan proses klaim garansi distributor SSSC cepat dan sudah baik.

Nah, mungkin itu tadi pengalaman singkat saya saat melakukan klaim garansi SSSC pada laptop Acer E5-475G. Kalau kamu punya pengalaman tentang klaim garansi SSSC juga, jangan lupa untuk share di kolom komentar ya!

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon