Wednesday, 8 August 2018

Cara Membesuk Keluarga yang Sedang Dibina di Lapas Sidoarjo

Tags


Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Sidoarjo atau yang dikenal dengan sebutan Lapas Delta merupakan salah satu lembaga pemayarakatan yang ada di Jawa Timur. Lapas Delta berlokasi di Jalan Sultan Agung No. 32, Magersari, Sidoarjo dekat degan Alun-alun Sidoarjo. Lapas sendiri berfungsi untuk melakukan pembinaan kepada narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), agar nantinya setelah keluar dari Lapas para WBP ini memiliki bekal keterampilan dan bisa diterima oleh masyarakat.

Di dalam Lapas Delta para WBP ini akan dilatih dengan berbagai macam keterampilan, ada pula kegiatan kepribadian kerohanian seperti pengajian (bagi muslim) yang harus diikuti oleh setiap WBP. Selain itu WBP juga wajib mengikuti senam bersama yang dilakukan secara bergantian tiap Rabu pagi, dan masih banyak lagi kegiatan yang ada di dalam Lapas Delta. Walaupun sedang berada di dalam Lapas, para WBP ini tetap bisa bertemu dengan ayah, ibu, anak, istri, suami dan orang-orang tercinta, karena setiap WBP memiliki hak untuk dibesuk atau dikunjungi.

Untuk membesuk WBP yang ada di dalam Lapas, ada mekanisme atau tata caranya tersendiri dan bisa jadi antara satu Lapas dengan Lapas lainnya memiliki mekanisme yang sedikit berbeda. Sementara untuk membesuk WBP yang ada di Lapas Klas IIA Sidoarjo (Lapas Delta) ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu bagi keluarga yang ingin membesuk antara lain:

Jadwal, Kewajiban dan Persyaratan yang Perlu Dibawa


FYI: Sederhananya perbedaan antara narapidana dengan tahanan adalah narapidana sudah mendapat putusan sedangkan tahanan belum.

Barang yang Dilarang Dibawa Masuk
Berikut adalah barang-barang yang tidak diperbolehkan untuk dibawa masuk oleh para pengunjung ke dalam area kunjungan Lapas Klas IIA Sidoarjo (Lapas Delta).
  • Handphone
  • Narkoba
  • Kamera
  • Senjata tajam / Senjata api
  • Rokok
  • Mie Instan
  • Sabun mandi / Sabun cuci / Detergent / Shampoo / Pasta gigi
  • Roti, Kacang (makanan yang terbungkus kulit), Permen, Makanan ringan
  • Barang dalam kemasan
  • Pembalut wanita
  • Buah-buahan yang tidak dikupas dan tidak dipotong
  • Bubuk teh, Bubuk kopi, Gula, Garam, Penyedap rasa
  • Barang yang dapat menjadi modus kejahatan khususnya penyelundupan narkoba serta menimbulkan gangguan
  • Jaket dan topi agar disimpan di kendaraan masing-masing

Yang Perlu Diperhatikan Ketika Berkunjung
  • Kunjungan tidak dipungut biaya apapun.
  • Silahkan berkunjung dengan tertib selama waktu yang ditentukan dan jangan paksakan petugas untuk melanggar peraturan, apabila waktu kunjungan telah selesai.
  • Terima kasih untuk tidak memberikan tip (uang suap) kepada petugas.
  • Barang siapa terlibat dalam tindak penyuapan (baik yang memberi maupun yang menerima) diancam dengan pidana penjara berdasarkan Undang-Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Perlu diketahui bahwa untuk membesuk atau berkunjung ke Lapas Klas IIA Sidoarjo, para pengunjung diwajibkan untuk mentaati dan mematuhi segala peraturan dan prosedur yang sudah ditetapkan. Untuk prosedur atau tata cara berkunjung bisa dilihat di bawah ini:

Tata Cara Membesuk / Berkunjung di Lapas Klas IIA Sidoarjo (Lapas Delta)
  1. Mengambil nomor antrian di meja antrian yang ada di bagian depan.
  2. Tunggu nomor antrian dipanggil, para pengunjung bisa duduk di kursi yang ada. Jangan lupa untuk menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti kartu tanda pengenal dan kartu besukan atau kartu izin membesuk dari kejaksaan.
  3. Setelah dipanggil silahkan menuju ke loket 1 atau loket 2 untuk melakukan perekaman e-ktp (apabila datang rombongan, cukup 1 orang perwakilan saja yang ke loket 1 atau 2) dan pengunjung akan mendapatkan kertas besukan yang nantinya harus diberikan ke petugas ketika masuk ke dalam.
  4. Baik perorangan maupun rombongan harus melakukan perekaman sidik jari di loket sidik jari, lalu akan mendapatkan kertas sidik jari (kertas ini harap disimpan karena digunakan untuk melakukan sidik jari pada saat pulang nanti).
  5. Silahkan menuju ke meja pemeriksaan barang. Semua barang bawaan silahkan ditaruh di meja ini yang nantinya akan diperiksa satu persatu oleh petugas dan bisa diambil di dalam, jadi para pengunjung tak perlu repot untuk membawa barang bawaan masuk.
  6. Setelah mendapat kertas nomor barang, pengunjung sudah diperbolehkan masuk secara urut berdasarkan nomor antrian. Nanti akan ada petugas yang memanggil nomor antrian. Jangan lupa juga untuk menunjukkan dan menyerahkan kertas besukan kepada petugas.
  7. Setelah masuk ke dalam, para pengunjung akan diperiksa kembali (pemeriksaan badan) yang dilakukan oleh petugas.
  8. Kemudian semua pengunjung diharuskan untuk menitipkan kartu tanda pengenal ke petugas dan akan diganti oleh kalung kunjungan dan cap stempel pada tangan.
  9. Pengunjung dipersilahkan untuk masuk ruang kunjungan.
  10. Saat menuju ruang kunjungan, akan ada meja penampungan barang. Di meja ini pengunjung bisa mengambil barang bawaan yang tadi diperiksa dengan cara menyerahkan kertas nomor barang ke petugas (kertas nomor antrian).
  11. Warga binaan akan secara otomatis dipanggil, jadi para pengunjung setelah mengambil barang dipersilahkan untuk mencari tempat duduk dan menunggu hingga warga binaan datang.
  12. Harus diingat bahwa waktu berkunjung hanya 30 menit, mengingat keterbatasan tempat dan banyaknya pengunjung tiap harinya.
  13. Setelah waktu kunjungan habis, para pengunjung dipersilahkan untuk meninggalkan ruang kunjungan atau secara otomatis akan ada petugas yang mengingatkan bahwa waktu kunjungan akan segera habis.
  14. Pengunjung bisa mengambil kartu identitas yang dititipkan dengan cara mengembalikan kalung kunjungan.
  15. Terakhir, pengunjung diwajibkan untuk melakukan sidik jari keluar dengan cara menunjukkan nomor yang ada di kertas sidik jari. Setelah prosesnya selesai, pengunjung diperbolehkan untuk keluar dari area Lapas Klas IIA Sidoarjo. 

#InfoPenting:
Apabila saat penggeledahan barang ternyata ada barang yang tidak boleh dibawa masuk, barang itu bisa dititipkan di meja penggeledahan barang dan bisa diambil ketika pengunjung pulang.

Apabila saat penggeledahan badan ternyata ditemukan barang terlarang seperti handphone, maka pengunjung tersebut tidak diperbolehkan untuk berkunjung.

Pada saat berkunjung ke Lapas Klas IIA Sidoarjo para pengunjung wajib berpakaian yang sopan dan rapi (bagi laki-laki tidak boleh menggunakan celana pendek).

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon