Kiat-kiat Belajar Sukses di Perguruan Tinggi - Masiptek

Thursday, 1 January 2015

Kiat-kiat Belajar Sukses di Perguruan Tinggi


Assalamualaikum wr.wb.
Halo sahabat blogger dimanapun kalian berada. Saya mau tanya nih, apa sih arti sukses itu? Apakah ada yang tahu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sukses mempunyai arti berhasil, sedangkan menurut saya sendiri sukses adalah sebuah pencapaian yang menimbulkan rasa bangga pada diri sendiri ataupun pada orang lain.

Siapa disini yang ingin sukses? Pastinya semua orang ingin sukses, iya kan? Tak terkecuali seorang mahasiswa sekalipun. Setiap mahasiswa tentunya ingin meraih sukses di perguruan tinggi guna membanggakan kedua orang tua. Nah, untuk meraih hal tersebut maka diperlukan kiat-kiat seperti berikut ini.





"Memangnya ada yang namanya kampus impian?"

Tentu saja ada, namun yang saya maksud disini bukanlah kampus yang memiliki nama "impian". Kampus Impian yang saya maksud adalah sebuah kampus yang kalian idam-idamkan, kampus yang memiliki bidang studi sesuai dengan bakat dan minat kalian masing-masing, kampus yang akan membimbing kalian menuju kesuksesan.

"Lalu, bagaimana kalau saya belum memiliki kampus impian?"

Tenang saja, kalian bisa mencari kampus impian dengan mudah kok. Dengan kemudahan teknologi sekarang, kita bisa mencari informasi mengenai kampus yang akan kita pilih dengan mudah dan cepat melalui internet. Namun, pilihlah dengan selektif ya! Carilah sebuah kampus yang akan mencetak kalian sebagai seorang profesional atau pemimpin masa depan, misalnya saja Universitas U'budiyah Indonesia atau yang biasa dikenal dengan UUI
Universitas yang terletak di Jl. Alue Naga, Tibang, Syiah Kuala, Banda Aceh ini memiliki enam fakultas yaitu antara lain:

1. Fakultas Kesehatan:
  • D-III Kebidanan, Akreditasi: B
  • D-IV Bidan Pendidik, Akreditasi: Terakreditasi BAN-PT
  • S-1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, Akreditasi: Terakreditasi BAN-PT
  • S-1 Farmasi, Akreditasi: Terakreditasi
  • S-1 Ilmu Gizi, Akreditasi: Terakreditasi
  • S-1 Psikologi, Akreditasi: Terakreditasi
2. Fakultas Ilmu Komputer:
  • S-1 Teknik Informatika, Akreditasi: Terakreditasi BAN-PT
  • S-1 Sistem Informasi, Akreditasi: Terakreditasi BAN-PT
3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan:
  • S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Akreditasi: Terakreditasi
  • S-1 Pendidikan Ilmu Komputer (PIK), Akreditasi: Terakreditasi
  • S-1 Bahasa Inggris, Akreditasi: Terakreditasi
4. Fakultas Hukum:
  • S-1 Ilmu Hukum, Akreditasi: Terakreditasi
  • S-1 Ilmu Pemerintahan, Akreditasi: Terakreditasi
5. Fakultas Teknik:
  • S-1 Teknik Arsitektur, Akreditasi: Terakreditasi
  • S-1 Teknik Sipil, Akreditasi: Terakreditasi
6. Fakultas Ekonomi:
  • S-1 Manajemen, Akreditasi: Terakreditasi
  • S-1 Akuntansi, Akreditasi: Terakreditasi

Universitas ini sudah tak perlu diragukan lagi, karena kiprahnya selama hampir satu dekade terakhir telah meraih berbagai gelar baik nasional maupun internasional antara lain:
  1. INTERNATIONAL FOUNDATION ASEAN BEST EXECUTIVE AWARD 2014 Kategori "The Best International Human Resource Development Program"
  2. TJOET NYA' DHIEN AWARD Kategori "Terbaik Bidang Pendidikan Se-Aceh"
  3. BEST TOP 50 INDONESIA LEADER Kategori "The Best Woner Entrepreneur of The Year"
  4. BEST INDONESIA ISLAMIC BUSINESS Kategori "Best Indonesia Islamic Business"
  5. TOP FIGURE INNOVATIVE Kategori "As The Best Figures of The Year"
  6. 2nd IMETCH Kategori "With Best Compliments"
  7. TOP EKSEKUTIF INDONESIA Kategori "As The Best Eksekutif Indonesia of The Year"
  8. GOLDEN AWARD INDONESIA Kategori "As The Best Figures of The Year"
  9. INTERNATIONAL AWAR INFIELD OF HUMAN RESOURCE 2014 Kategori "The Best International Human Resource Development Program"
  10. INDONESIA PROFESIONAL AWARD Kategori "The Best Education Figure of The Year 2014"
  11. INDONESIA BEST 50 TRUSTED SCHOOL Kategori "The Best Favorite School of The Year"
  12. INDONESIA TOP 100 TRUSTED SCHOOL Kategori "The Most Trusted Leading Education School"
  13. INDONESIA CREATIVE FIGURE Kategori The Most Inspiring Creative Educaation of The Year 2014"
  14. INDONESIA ACHIEVEMENT CENTER Kategori "The Hospital Excellent In Health Service to Patient of The Year"
  15. PUSAT REKOR INDONESIA Kategori "As The Best Inspiring Education of The Year 2013"
  16. Peringkat 4 Universitas Swasta Terbaik Se-Sumatera dari Webometrics
  17. Peringkat 12 Universitas Swasta Terbaik Se-Sumatera dari Telkom Smart Campus
Universitas U'budiyah Indonesia juga telah menjalin berbagai kerjasama dengan institusi, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal ini dilakukakan untuk mewujudkan visinya yaitu untuk menjadi WORLD CLASS CYBER UNIVERSITY dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi pada tahun 2025. Adapun beberapa institusi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Dalam Negeri:
1. Universitas Gunadarma - Jakarta
2. Universitas Islam Sultan Agung - Semarang
3. Politeknik Kesehatan - Yogyakarta
4. Universitas Respati Indonesia - Jakarta

Luar Negeri:
1. CEDE - Spanyol
2. Croatian Rectors Conference - Kroasia
3. University of Zadar - Kroasia
4. Nusantara - Spanyol
5. Spaindo - Spanyol
6. Semmelweis University - Hungaria
7. University of Pecs - Hungaria
8. Juraj Dobrila University of Pula - Hungaria
9. University Malaysia Perlis - Malaysia
10. Guangzhou University - China
11. Daffodil International University - Bangladesh
12. Rajamangala University of Srivijaya - Thailand
13. Liutebm University - Zambia
14. Phillipne Normal University - Filipina
15. Athlone Institute of Technology - Irlandia
16. Dongseo University - Korea Selatan
17. Bangkok University - Thailand
18. Mahasaraham University - Thailand
19. Bicol University - Filipina
20. Our Lady Fatima University - Filipina
21. University of Santo Thomas - Filipina
22. Build Bright University - Kamboja
23. Vellore Institute of Technology - India
24. University Sains Islam Malaysia - Malaysia
25. University Putra Malaysia - Malaysia
26. Asia University - Jepang
27. Al Ghurair University - Uni Emirat Arab

Bagaimana, apakah sudah menentukan kampus impian kalian masing-masing? Pemilihan kampus ini sangatlah penting, jadi kalian harus memilihnya dengan sungguh-sungguh ya! Jangan sampai keliru. Oh iya satu hal lagi, dalam memilih sebuah kampus kalian harus memilih dengan hati. Janganlah terpukau oleh bujuk rayu teman apalagi terpukau dengan bujuk rayu setan, kan ngeri jadinya hiii..





Belajar itu sangat penting karena tanpa belajar tak mungkin kesuksesan bisa diraih. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, belajar berarti berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Jadi, saat belajar diperlukan sebuah usaha dengan cara bersungguh-sungguh agar apa yang kita pelajari benar-benar dapat kita pahami.

Tak sedikit orang yang sering mengeluh ketika belajar karena alasan inilah, itulah, dan sebagainya. Namun, kalau dilihat-lihat lagi sebenarnya belajar itu mudah lho!


Bagaimana, belajar itu sangat mudah kan? Dengan kemudahan itu apakah masih ada yang mengeluh untuk belajar? Saya harap sudah tidak ada ya!

"Saya sering merasa bosan saat belajar, sehingga belajar tidak optimal"

Mungkin itu disebabkan karena gaya belajar kalian. Apakah kalian sudah tahu gaya belajar yang tepat untuk kalian masing-masing? Kalau belum, mungkin ini akan sedikit membantu. Secara umum gaya belajar dibedakan menjadi 3, yaitu:
  1. VisualYaitu gaya belajar dengan cara melihat. Seseorang dengan gaya ini akan lebih memahami sesuatu dengan cara melihat. Contoh: Lebih memahami ketika dosen menulis di papan daripada ketika dosen menjelaskan dengan bicara
  2. AudioYaitu gaya belajar dengan cara mendengar. Seseorang dengan gaya ini akan lebih memahami sesuatu dengan cara mendengar. Contoh: Lebih memahami ketika dosen menjelaskan dengan berbicara
  3. KinestetikYaitu gaya belajar dengan cara menyentuh atau melakukan gerakan. Seseorang dengan gaya ini akan lebih memahami sesuatu dengan cara menyentuh atau melakukan gerak. Contoh: Praktek
Setelah mengetahui gaya belajar mana yang cocok, maka kalian sudah bisa untuk mengoptimalkan belajar. Oh iya, ada satu hal lagi yang paling penting dalam belajar. Apakah ada yang tahu?

"Konsentrasi..!! Sungguh-sungguh..!!! Rajin..!!"

Iya, semua jawaban benar. Akan tetapi yang saya maksud hal penting disini adalah mengulang.

"Lho kok mengulang? Kenapa?"

Pertanyaan bagus. Kenapa harus mengulang? Karena dengan mengulang, kita akan menjadi lebih ingat terhadap sesuatu. Itulah sebabnya mengapa banyak orang (mahasiswa) yang lebih ingat iklan di televisi daripada materi kuliah. Iklan di televisi secara terus-menerus diulang sehingga hal itu membuat kita menjadi hafal. Sedangkan materi kuliah? Ya kalian tahu sendirilah, hanya beberapa jam dalam seminggu. Jadi, jangan penah bosan ya untuk mengulang materi kuliah!




"Hah.. Dekati dosen? Serius?"

Iya, ini serius. Dekati dosen merupakan salah satu kiat sukses di perguruan tinggi, karena apa? Karena dengan mendekati dosen, kita akan lebih mengenal dosen tersebut begitu juga sebaliknya, beliau akan mengenal atau bahkan mengingat kita sehingga akan terjalin keakraban antara dosen dan mahasiswa.

Dengan keakraban inilah kita bisa lebih mudah untuk bertanya tentang materi-materi kuliah yang sulit untuk kita pahami. Namun, tentunya kita harus bisa menyaring pemikiran antara dosen satu dengan dosen lainnya.

"Lalu bagaimana cara mendekati dosen?"

Mudah saja kok! Bagi kalian yang kurang mengerti cara mendekati dosen, mungkin Metode 3S dibawah ini bisa kalian terapakan. Selamat mencoba ya!





Fasilitas merupakan sarana yang digunakan untuk melancarkan pelaksanaan fungsi. Pada setiap perguruan tinggi pasti memiliki berbagai fasilitas yang ditujukan kepada semua mahasiswanya agar mereka dapat secara mudah untuk mencari informasi ataupun materi kuliah. Karena pada dasarnya setiap mahasiswa dituntut untuk aktif dan mandiri, sedangkan dosen hanya sebagai media saja.

Saat ini sudah banyak universitas di Indonesia yang memiliki fasilitas penunjang yang lengkap, misalnya saja Universitas U'budiyah Indonesia. Universitas ini dapat dibilang memiliki fasilitas terlengkap di Indonesia, fasilitas yang terdapat pada universitas ini antara lain:
  • Dua gedung kuliah berlantai dua
  • Laboratorium: Laboratorium kebidanan, laboratorium kesehatan masyarakat, tiga laboratorium komputer dengan sistem LAN, laboratorium kompetensi, dan laboratorium bahasa terlengkap
  • Perpustakaan yang memiliki lebih dari 500 judul buku, meliputi buku-buku yang relevan dengan bidang informasi komputer dan buku-buku literatur, jurnal ilmiah, majalah, serta buku ilmu pengetahuan lainnya
  • Lahan Praktek yang dapat digunakan oleh para mahasiswa fakultas kesehatan untuk lebih memahami dan menerapkan keilmuan praktikum
  • U'budiyah Plenary Hall, yang biasa digunakan sebagai tempat pelatihan, seminar atau workshop dan digunakan sebagai tempat yudisium dan wisuda
  • Lapangan Olahraga yang meliputi lapangan olahhraga dan lapangan bola voli
  • Media Pengajaran berupa audio visual, LCD proyektor di setiap kelas
  • Pembelajaran Berbasis E-Learning melalui video steaming online
  • Satu buah mushola
  • Wireless Fidelity (wifi) di lingkungan kampus




Jadi, dengan tersedianya berbagai fasilitas ini diharapkan mahasiswa mampu untuk memanfaatkannya secara optimal sehingga dapat menciptakan Mahasiswa Berprestasi dan Mahasiswa Kreatif. Satu hal yang perlu diingat yaitu tetaplah menjaga dan merawat fasilitas yang ada ya!


Apakah kalian adalah seseorang yang aktif dalam berbagai kegiatan? Apakah kalian sudah mempunyai usaha sendiri? Kalau benar, maka kalian harus pandai-pandai dalam membagi waktu. Ini semua dilakukan agar kegiatan-kegiatan tadi tidak mengganggu aktifitas kuliah dan belajar kalian. Jangan ragu untuk membuat sebuah catatan kecil yang berisi jadwal kegiatan kalian hari ini. Tentunya ini akan sangat membantu kalian untuk mengoptimalkan waktu yang ada diluar jam kuliah dan jam belajar. Sehingga itu akan membuat kalian tetap fokus terhadap kuliah dan tetap bisa untuk melakukan berbagai kegiatan diluar.

Selain itu, yang terpenting adalah membagi waktu untuk beristirahat terutama tidur. Karena tidur itu sangat penting bagi tubuh, idealnya orang dewasa yang sehat membutuhkan waktu tidur antara 7-8 jam perhari. Nah, jika kalian kurang tidur maka akan menyebabkan hal-hal buruk yaitu, mulai dari kurangnya konsentrasi hingga menimbulkan stres. Jadi, usahakan untuk tidur yang cukup dan teratur ya!



Itulah beberapa kiat-kiat sukses di perguruan tinggi yang dapat saya jelaskan untuk kalian semua. Namun, untuk melaksanakannya diperlukan tiga hal yang saling berikatan sebagai berikut:
  1. NiatAgar kiat-kiat diatas bisa berhasil, maka harus diikuti dengan niat yang kuat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia niat diartikan sebagai kehendak (keinginan di hati) akan melakukan sesuatu. Jika keinginan di hati sudah kuat maka kita akan berusaha sekuat tenaga untuk mencapai apa yang kita inginkan.
  2. Aksi NyataAksi nyata harus kita lakukakan karena kiat-kiat diatas tidak akan berhasil jika hanya dalam angan-angan saja.
  3. DoaSemua hal yang kita lakukan (diawal dan diakhir) hendaknya disertai dengan doa, agar apa yang kita lakukan bisa berjalan lancar dan apa yang kita inginkan bisa terkabulkan.

Dari tulisan diatas dapat disimpulkan bahwa untuk meraih sukses di perguruan tinggi diperlukan kiat-kiat yang terdiri atas: memilih kampus yang tepat, belajar dengan sungguh-sungguh, mendekati dosen, memanfaatkan fasilitas yang ada di kampus dan membagi waktu sebaik-baiknya. Namun, diperlukan juga niat yang kuat, aksi nyata, dan doa untuk melakukannya.

Demikianlah akhir dari tulisan yang saya buat untuk mengikuti Ubudiyah Blog Contest 2015 dengan mengambil tema Kiat-kiat Belajar Sukses di Perguruan Tinggi. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Akhir kata, Wassalamualaikum wr.wb.


1. Universitas U'budiyah Indonesia
2. Kamus Besar Bahasa Indonesia

188 comments:

  1. Pertamax gan :D bisa dicoba nih kiat-kiatnya, kebetulan saya kelas 12 :-d

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat gan,, ijin bookmark ya :D

    ReplyDelete
  3. Dekati dosen itu cara yang paling ampuh menurut saya (y)

    ReplyDelete
  4. untuk sukses di perguruan tinngi, lebih baik berusaha sendirri dan bnyak" mencari informasi pada dosen pembimbing sebanyak"nya

    ReplyDelete
  5. keren gan , nanti tak coba gan :v

    ReplyDelete
  6. wah berguna sekali artikel pos ini tpi saya masih smp kelas 9

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp gan, buat pengetahuan aja biar bisa dipraktekin ;)

      Delete
  7. wah wah,,,
    kebetulan saya juga lagi kuliah perlu di coba,
    XD
    nice tips gan,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan :) semoga artikel ini bisa membantu agan sukses diperguruan tinggi

      Delete
  8. Perlu dicoba ni tips2nya :D

    ReplyDelete
  9. Artikelnya keren abis mas. Isinya juga lengkap. Cocok banget buat ane yang masih belajar di perguruan tinggi. Bisa jadi motivasi hehehe

    ReplyDelete
  10. Keren Nih Sob, Bisa Buat Bekal Untuk Nanti Kalau Udah Menempuh Di Perguruan Tinggi ;) :lv

    ReplyDelete
  11. Info ini sangat membantu, apalagi rencana nanti aku akan mencari kampus untuk kuliah.

    ReplyDelete
  12. Smoga bisa lulus. soalnya saya di perguruan tinggi juga

    ReplyDelete
  13. Dosennya serem jadi takut kalo mau mendekati haha .
    akhirnya aku gak lulus lulus deh :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake metode diatas gan, insyaallah bisa buat deketin dosen yang serem sekaligus :)

      Delete
  14. Thanks gan atas artikel nya, jadi tau kampus impian di Indonesia ini

    ReplyDelete
  15. wah tips nya membantu gan ^_^ buat masa depan dan persian saya, saya juga udah kelas 2 SMA

    ReplyDelete
  16. bagus banget artikelnya. :D sangat bermaaat.. thank's..

    ReplyDelete
  17. bagus bro blog nya, tampilannya wah

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih bro
      ah, enggak bagus-bagus amat kok :)

      Delete
  18. Replies
    1. Terimakasih :) Jangan dipanggil "pak" karena belum saatnya :D

      Delete
  19. makasih gan kiat2nya bermanfaat, buat s2 juga masih bisa di praktekin kisi2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan sama-sama. Semoga kiat-kiat diatas bisa bermanfaat ya :)

      Delete
  20. Keren gan walaupun ane masih SMA, tapi gapapa lah.. :v

    www.bankcurhat.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan, gpp gan biar kalo diperguruan tinggi nanti sudah ngerti :) hehe

      Delete
  21. kalau saya sih kuliah sesuai dengan passion aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, passion itu penting banget ;)

      Delete
    2. kalo kagak karena passion pasti males-malesan kuliahnya hehehe

      Delete
    3. Bener itu mas. Trus kalo udah males-malesan, kuliahnya malah ndak lulus-lulus. hehe

      Delete
    4. dan kalau gak lulus-lulus pekerjaan nya jadi OB dah , ehhhh @@,

      Delete
    5. Nah, jadi kalo kuliah yang serius ya gan ;-) biar lulus tepat pada waktunya :-d

      Delete
  22. Kalau kuliah di swasta tetep bisa sukses kan mas? :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep bisa kok mas, sukses kan tidak harus kuliah di negeri :)

      Delete
  23. Terima kasih infonya ;) Sangat bermanfaat~

    ReplyDelete
  24. sangat bermanfaatt gan :D blogwalking yooo :d hehe

    ReplyDelete
  25. disain nya keren gan... buat sendiri atau gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih gan. Alhamdulillah saya buat sendiri gan. hehe

      Delete
  26. Wah..rame gan blog'a,, nice artikel gan.. :) salam. Sukses buat agan..

    ReplyDelete
  27. Wah..rame gan blog'a,, nice artikel gan.. :) salam. Sukses buat agan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, alhamdulillah gan :) Sip gan, salam sukses buat agan juga ;)

      Delete
  28. keren gan .... blog agan desainnya juga menyenangkan...

    ReplyDelete
  29. maksih informasinya gan jadi tambah semngat kuliah lagi

    ReplyDelete
  30. Boleh nih infonya buat yang mau sekolah lagi...

    ReplyDelete
  31. nice info gan, lanjutkan... (y)

    ReplyDelete
  32. Wah bleh di cba tu, tpi sya mau kasih kritikan sedikit, koq tulisany jdie tempat promosi ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sip deh gan :) buat menjawab pertanyaan agan yang satu ini, coba deh baca artikel diatas pas bagian Kesimpulan dan penutup :)

      Delete
  33. Keren blognya. terima kasih atas infonya gan !!!!
    kunjungi balik ya
    http://afs17-gamelink.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) Blog agan juga keren kok. sama-sama gan :)
      Oke siap :-d

      Delete
  34. jagna main" kalau udah kuliah mah,saya main" jadi lama lulusnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget itu mas, kuliah bukan untuk main-main :)

      Delete
  35. wah gw masih smp masih bisa nyantai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Santai boleh-boleh saja gan tapi jangan sampai kebablasan. hehe

      Delete
  36. Nice tips gan, saya masih kls 9 :D

    ReplyDelete
  37. ane jadi pengen kulia gan.. :D moga taun ini bisa kesampai.. :D heheheh

    ReplyDelete
  38. Replies
    1. Ini template blognya minima kalo gak salah, download di google mas :D

      Delete
  39. Nice Post gan...
    sangat bermanfaat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah deh kalo bisa bermanfaat :) hehe

      Delete
  40. gambarnya keren" , jadi nikmat membacanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenikmatan untuk membaca bagi para pengunjung adalah hal utama gan :-d

      Delete
  41. nice posting mas,thanks dah mampir

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak terimakasih :) sama-sama mbak, thanks udah mampir juga ya :)

      Delete
  42. mantap gan, sebagai motivasi sebelum kuliah :D nice info
    kunjungi ya seosc.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip deh gan, ntar biar kuliahnya bisa sukses :)

      Delete
  43. Wuiihhh blognya rame banget gan . .?? Kayaknya bakal sukses nihh blog . .
    Maaf ane nggak mbaca artikelnya gan . . kan ane udah mahasiswa . . :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah gan :) aamiin, semoga blog agan juga sukses ya :)
      Wah wah.. ya dibaca dong gan :) biar ntar bisa dijelasin ke adeknya atau anaknya atau bahkan cucunya :D

      Delete
  44. bermanfaatlah buat saya yang kuliah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah deh mbak kalo bisa bermanfaat :)

      Delete
  45. Wow Keren gan ..
    Cocok bwat saya yang lagi nyari2 informasi tentang kuliah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih gan :)
      Oke, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat agan :)

      Delete
  46. WIH keren nih blog, bisa temenan nggak? sekalian tukar link.
    dari http://bagussshare.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya alhamdulillah :) bisa aja kok bang, iya nanti saya taruh linknya

      Delete
  47. wahh cocok nih ...
    buat ane yang lgi pengin kulian

    ReplyDelete
  48. Sep, jadi inspirasi buat cari PG. makasih infonya ya gan. :-bd

    ReplyDelete
  49. ok sob, sangat membantu bwt yg lagi kuliah. http://farenda4ever.blogspot.com/

    ReplyDelete
  50. Ini Pengetahuan Sejak Minimal SMP Nih
    Jadi Udah Ada Pikiran Untuk Kedepannya
    Bukannya Bermalas-malasan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bener banget itu gan. Harus tau sedini mungkin biar bisa mempersiapkannya :)

      Delete
  51. :-d masih smp nih, belum kebayang gimana nanti di masa depan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ya harusnya dipersiapkan gan biar ntar enggak kebingungan :)

      Delete
  52. wah manteb gan artikelnya :D

    ReplyDelete
  53. Replies
    1. Iya gan, perlu banget ^_^ hehe

      Delete
    2. Makasih infonya gan :D , di bookmark dulu biar di baca2 sama adek gue ^_^

      Delete
    3. Oke gan sama-sama, silahkan :)

      Delete
  54. berhubung saya masih smp jadi saya bookmark dulu gan :D

    ReplyDelete
  55. makasih gan infonya. bisa jadi pegangan nih :D

    ReplyDelete
  56. mantab nih artikelnya, sangat bermanfaat. ditunggu follow dan kunjungan baliknya gan :D

    ReplyDelete
  57. wah mantep banget gan || lanjutkan gan sip nice post

    ReplyDelete
  58. tips yang berguna banget buat mahasiswa kaya saya

    ReplyDelete
  59. tips yang berguna banget buat mahasiswa kaya saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah deh gan kalo artikel yang saya buat bisa berguna :)

      Delete
  60. berguna banyak nih gan, Tq infonya ya.

    ReplyDelete
  61. keren gan..
    buat nambah pengetahuan :D

    ReplyDelete
  62. Postnya keren gan.
    Bisa nambah wawasan :)

    ReplyDelete
  63. udah ga sekolah lagi sih ane..
    jadi cuma bisa manggut2 aja :D
    ditunggu folbacknya gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha :D Iya gan enggak apa-apa asal jangan geleng-geleng ya :D
      Sip ;)

      Delete
  64. thanks info nya gan, good picture (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan sama-sama. Alhamdulillah, terimakasih gan :)

      Delete
  65. Keren gan bisa buat landasan ane kulieh.

    ReplyDelete
  66. Ulasannya lengkap bener, ada sumber referensinya pula, baru ini saya suka, artikel berkualitas nih, makasih infonya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya mas :) Alhamdulillah deh kalo bisa bermanfaat

      Delete
  67. nambahin ah, jgn keseringan nongrong2 ngak jelas.. nanti bisa jadi mahasiswa abadi :D

    ReplyDelete
  68. waahh mantap gan,, thanks before atas tips2 nya tentang kuliah,, semoga artikel ini akan berguna bagi siapa saja yg akan ngampus atau yg sedang ngampus saat ini,,hehehe

    pada inti nya kesuksesan itu tergantung dari pribadi masing2 tinggal bagaimana mereka bertindak untuk mencapai kesuksesan,, salam :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, sama-sama. aamiin

      betul banget itu, kesuksesan itu perlu kerja keras :) hehe
      salam kenal mas

      Delete
  69. sangat memberikan inspirasi sekali klo ada waktu follow balik ya http://indoteknokom.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap gan,,,, cocok untuk digunakan di kehidupna sejari-hari.... jangan lupa visit back ya gan.... https://muslimsyuhadah.wordpress.com

      Delete
    2. Iya gan, semoga bermanfaat :) siap gan :)

      Delete
  70. Mantap Gan :D Bermanfaat nih buat saya sebagai mahasiswa. Namun kalo menurut saya sih yang paling penting kalo mau sukses di perguruan tinggi itu adalah niat. Kalo kuliah ga niat, sebagus apapun fasilitas kampus pasti belajarnya ga bakal bagus

    ReplyDelete
  71. saya ingin ngasih tambahan sedikit untuk anak kuliahan yang ngekost di kota orang, gunakanlah baju batik saat keluar rumah jadi kalau ada acara mampir lah lumayan dapat makanan. nah kalau para tamu sudah pulang kamu jangan pulang bantu beres beres terlebih dahulu siapa tau pas pulang di beri bekal oleh pemilik acara.

    ReplyDelete
  72. Sukses itu ketika telah mencapai apa yang diimpikan..
    Salam kenal dari mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya :-)

    ReplyDelete
  73. Dah lulus saya jadi ga perlu belajar hehehe

    ReplyDelete
  74. haha membantu banget ini .. bisa dicoba ya kan :D .
    wewongganteng.blogspot.com | game

    ReplyDelete
  75. blognya kreatif banget gan, semoga makin sukses ya gan :D

    ReplyDelete
  76. VERY NICE.....Informasi Artikel anda Mantap sekali gan !!!
    Thanks ya gan untuk artikelnya jadi dapat menambah ilmu pengetahuan saya serta sangat bermanfaat sekali gan bagi saya,
    Jangan lupa juga gan Kunjungi website ane gan siapa tau bermanfaat bagi agan.
    CLICK HERE

    Apakah agan penggila BOLA? Ingin mencoba taruhan online tim kesayangan/favorit anda?
    Ayo gabung bersama kami sekarang juga gan hanya di WALETBET
    !!!! banyak Bonus"nya jangan sampai terlewatkan hanya di Waletbet99

    Jika anda tertarik dan sering ditipu oleh situs lain , jangan khawatir gan www.Waletbet99.com
    Solusi yang sangat tepat untuk anda
    Terpercaya dan Aman 100% gan ,sudah bertahun tahun situs ini berdiri gan.Ayo Segera daftarkan diri anda sekarang juga dapatkan
    penawaran menarik dan eksklusif khusus untuk anda hanya ada di HARI INI !!!

    Dapatkan Bonus sebesar 30% hanya ada di www.waletbet99.com
    Dan juga extra tambahan uang sebesar Rp.50.000 saat melakukan deposit Rp.100.000

    Yuk cepetan raih kesempatanmu sekarang juga !!!

    ReplyDelete
  77. VERY NICE.....Informasi Artikel anda Mantap sekali gan !!!
    Thanks ya gan untuk artikelnya jadi dapat menambah ilmu pengetahuan saya serta sangat bermanfaat sekali gan bagi saya,
    Jangan lupa juga gan Kunjungi website ane gan siapa tau bermanfaat bagi agan.
    http://waletbet99.com

    Apakah agan penggila BOLA? Ingin mencoba taruhan online tim kesayangan/favorit anda?
    Ayo gabung bersama kami sekarang juga gan hanya di http://waletbet99.com
    !!!! banyak Bonus"nya jangan sampai terlewatkan hanya di http://waletbet99.com

    Jika anda tertarik dan sering ditipu oleh situs lain , jangan khawatir gan www.Waletbet99.com
    Solusi yang sangat tepat untuk anda
    Terpercaya dan Aman 100% gan ,sudah bertahun tahun situs ini berdiri gan.Ayo Segera daftarkan diri anda sekarang juga dapatkan
    penawaran menarik dan eksklusif khusus untuk anda hanya ada di http://waletbet99.com
    Dapatkan Bonus sebesar 30% hanya ada di www.waletbet99.com
    Dan juga extra tambahan uang sebesar Rp.50.000 saat melakukan deposit Rp.100.000

    Yuk cepetan raih kesempatanmu sekarang juga !!!

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon