Ketika Kartu ATM Terblokir - Masiptek

Sunday, 1 March 2015

Ketika Kartu ATM Terblokir


Beberapa hari yang lalu saya mengalami hal yang kurang menyenangkan, yaitu saya lupa pin atm saya. Pada waktu memasukkan kartu kemudian saya menekan tombol untuk mengisi pin, pertamanya sih tidak ada pemberitahuan mengenai pin yang salah, akan tetapi ketika saya ingin mengecek saldo barulah ada peringatan yang mengatakan bahwa pin saya salah dan saya harus memasukkan pin lagi, dan hal itu berulang sebanyak tiga kali (3x).

Ketika Kartu ATM Terblokir

Kemudian saya memutuskan untuk pulang ke rumah dan kembali lagi ke mesin atm pada malam hari, karena pada waktu itu antrian sudah panjang, saya tidak mau membuat orang lain marah karena terlalu lama menunggu.

Saat pulang, saya baru ingat tentang pin yang benar, dan pada malamnya saya kembali dan memasukkan nomor pin dengan "benar". Tapi ternyata kartu atm saya sudah terblokir, kebetulan saya menggunakan kartu dari Bank BRI. Saya baru mengetahui jika kita salah memasukkan pin sebanyak tiga kali maka secara otomatis kartu akan terblokir.

Mungkin beberapa dari kalian mengalami hal yang sama seperti cerita saya di atas, lalu apa yang harus dilakukan ketika kartu atm terblokir? Untuk mengatasi masalah ini cukuplah mudah yaitu dengan:

Jangan Panik
Ketika kartu ATM terblokir yang pertama-tama harus kalian lakukan adalah jangan panik. Jangan pernah takut untuk kehilangan uang yang ada di dalam kartu atm kalian. Karena kartu yang terblokir tidak akan membuat uang yang ada di dalamnya hilang, akan tetapi kalian cuma tidak bisa mengaksesnya hingga kalian mengganti nomor pinnya.


Cara Mengganti Nomor Pin

"Lalu bagaimana saya menggant nomor pin?"

Untuk menggantinya, kalian harus pergi menuju ke Bank yang bersangkutan. Dalam hal ini, tidak boleh diwakilkan karena proses penggantian pin kartu hanya dapat dilakukan dengan orang yang bersangkutan dan jangan lupa untuk membawa:
  1. Buku Tabungan
  2. Fotocopy KTP
  3. Uang 5 ribu
Nah, setelah itu kalian akan ditanya tentang nama Ibu dan disuruh tanda tangan saja. Lalu, kalian akan disuruh untuk memasukkan nomor pin yang baru, namun jika menggunakan nomor pin yang lama juga boleh-boleh saja, ini digunakan untuk mengaktifkan kembali kartu atm kalian. Selamat.. Kartu atm kalian kini sudah kembali aktif dan kalian sudah bisa langsung memakainya.

Update: 
1. Jika atm terblokir, kamu tidak bisa menarik uang melalui mesin ATM. Tapi kamu tetap bisa menarik uang melalui teller bank (dikenakan biaya).

2. Untuk mengurusnya bisa dilakukan di cabang bank terdekat.

Terima kasih banyak untuk Dean Paul dan Anggita Amelia untuk informasinya.

Demikianlah tips yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat dan jika ada yang masih bingung silahkan bertanya melalui komentar. Perlu diperhatikan bahwa di beberapa Bank mungkin uang yang dibutuhkan akan berbeda-beda.


80 comments:

  1. wah kemarin saya gitu .. cuma duit 20 rb bukan 5 rb -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, kalo itu saya enggak tau, soalnya saya kemarin tuh cuman ngluarin uang 5rb saja kok.

      Delete
  2. Nice share gan.. Klo ane pake BCA sih, ATM langsung bisa diganti di CS..

    ReplyDelete
  3. Kolo keblokirnya sekarang masih di layanin ga??

    ReplyDelete
  4. Kolo keblokirnya sekarang masih di layanin ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sekarang sih kayaknya enggak deh mas, kan Banknya lagi libur. Tadi waktu saya mampir ke Bank Bri tempat saya ada pengumuman kalo libur trus buka lagi Rabu tanggal 22 Juli 2015

      Delete
  5. Mas mau nanya, emang serius ga bisa diwakilin? Kartu atm mama saya keblokir dan sampe sekarang mama masih mudik belum pulang dan saya disuruh buat ngurus ke bank, soalnya duit belanja ada di situ hehe. mohon pencerahannya u.u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih enggak bisa, dulu kartu saya terblokir trus diurus sama bapak saya enggak boleh katanya harus yang punya yang mengurus. Tapi kalo keadaanya kayak gitu, coba langsung ke banknya barangkali saja diperbolehkan :)

      Delete
  6. Kalo pake KTP baru bs g gan ??
    soal na alamat di KTP lama ama yg baru beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, ktp buat memverifikasi kalau itu benar-benar anda :)

      Delete
  7. Kalo gk bawa bk tabungannya bisa gak yah..?? Soalnya bk'y ketinggalan di jkrta..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalah itu saya kurang mengerti mas, silahkan langsung saja menuju bank dan tanya sama pegawainya :) hehe

      Delete
  8. Klo pin saya keblokir tapi sama pihak bank yang bersangkutan cuma dibantu direset.. Dan dsruh mnunggu slma 24 jam. Tp stlah saya coba lagi tetep pin yang saya masukan salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikuti apa yang disuruh oleh Bank, tapi jika tetap enggak bisa silahkan kembali lagi ke Bank yang bersangkutan :)

      Delete
  9. Ditanya ttg pin lama gak gan? Soalnya saya lupa pin saya gan..

    ReplyDelete
  10. Ditanya ttg pin lama gak gan? Soalnya saya lupa pin saya gan..

    ReplyDelete
  11. ditunggu mas folback blognya :D

    ReplyDelete
  12. Saya punya atm tabunganku bukopin ...Kalau atm ny dari pas bikin sampe sekarag blm pernah d pake ..sekitar setahun yang lalu .. kira2 masih bisa ga mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Putri Suci
      Mohon maaf sebelumnya, karena saya kurang mengerti akan hal itu, sebaiknya kamu mencobanya terlebih dahulu apakah kartu atm masih bisa digunakan atau tidak? Kalau tidak bisa, silahkan langsung menuju ke bank yang bersangkutan ^_^

      Delete
  13. Maaf, diminta KTP Aslinya gak ya? sy hanya punya buku tabungan dan fotokopi nya aja. gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sulaiman
      Enggak kok, kita cuman diminta fotokopinya saja :)

      Delete
    2. Kaa mau tanya dong saya kan mau cek saldo terus pertama masukin pin saya memang salah, tapi pas ke 2kali nya saya masukin pinya bener saya kira atmnya lagi eror terus saya coba ke atm lain dengan pin yang benar tulisanya pin anda salah, dan telah malampaui batas ituu cara mengatasinya gimanaa yaa

      Delete
  14. Kartu atm saya jg trblokir, klo misalx mengurusnya tanpa kartu atmnya bisa nga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak bisa gan, harus bawa kartunya :)

      Delete
    2. Gan mau tanya lagi dong kalo atm terblokir terus ngga cepet cepet dibenerin apa uangnya akan hangus?

      Delete
  15. mau nanya klo atm BRI keblokir bisa di urus di cabang terdekat gg...? karena pembukaan buku tabungan di pilau sumatra dan sekarng say tinggal ddi pulau jawa.
    klo mau kembali ke sumatra jauh banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Mba datang Ke Cabang Terdekat, sambil bawa surat keterangan yg menyatakan tam tertelan dr polres. foto copy ktp. Lebih bagus lagi saat kalau terblokrnya krn krtu tertelan d atm, krtunya anda mintakan diambil dlu, lalu baa krtu itu untuk dibukakan di cabanh BRI kota anda sekarang (kalau terblokirnya di Bank Unit dan anda ga sempat mengurusnya d Bank Caban di Sumatera)

      Delete
  16. Jikalau seperti ini langkah-langkahnya bagaimana? mohon untuk dikoreksi bang..

    http://andara.web.id/?p=2619

    ReplyDelete
  17. Ane juga pernah ngalamin kartu ATM terblokir, gara - gara lupa masukin pin,,,,,

    ReplyDelete
  18. Setuju sama info diatas, jangan panik ketika ATM terblokir, langsung aja ke cutomer service, entar juga di bantu sama mbak - mbaknya

    ReplyDelete
  19. Gan klo atm keblokir, pas banget BRI juga gan, apa bisa narik uang langsung melalui bank?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Abda Alif
      Jika atm kamu terblokir maka kamu tidak bisa mengaksesnya sehingga kamu juga tidak bisa menarik uang melalui atm. Kalau langsung melalui bank saya kurang tau, coba langsung saja menuju ke kantor Bank BRI terdekat.

      Delete
    2. bisa donk, baa copy ktp dan hal depan buku tabungan

      Delete
  20. Just share: jika atm bri anda terblokir anda bisa melakukan penarikan di teller akn tetapi jika penarikan <5jt dikenakan biaya 7500 sedangkan untuk memperbaiki atm biaya nya hanya 5rb..jd saran say mending anda reissue pin atm nya sj :)

    ReplyDelete
  21. Kalau pin atm bri terblokir bisa saja di reset di Bri cabang dan unit terdekat tp dgn membawa syarat2 nya yah :)

    ReplyDelete
  22. Bingung pak.. kartu atm sanak saya terblokir.. dan sanak saya kerja di malaysia..... Apa bisa diambil dari teller.. soalnya ngambilnya 5jt lebih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja bisa, silahkan langsung ke BRI terdekat sambil bawa persyaratan di atas

      Delete
    2. Kalo benerin nya diwakilkan bisa ga yaa soalnya saya kerja liburnya setiap hari minggu terus

      Delete
    3. Pa Rezki, mau nanya,,atm bapa saya terblokir,. Bisa gak uang nya diambil lewat teller dan syarat nya apa ya ?? Masalah ny bapa saya lagi kerja jauh di Samarinda, dan buku tabungannya di bawa bapa, cuma kartu ATM nya aja yg ada di saya,, mohon penjelasannya ya pa :)

      Delete
  23. Kebetulan saya jauh dari bank tempat asal membuat, klaw di urus di cabang bri terdekat kira2 Gpp ya
    Mohon jawabannya

    ReplyDelete
  24. Gan mau tanya tadi saya ke atm pas mau ambil uang gagal keluar bacaan 'kartu anda tidak dapat di proses silahkan hubungi bank anda' jika saya langsung mengambil ke teller nya bisa/tidak gan? Dan kalau bisa apa saja syarat nya.
    Mohon infonya gan
    Thanks

    ReplyDelete
  25. Gan mau tanya tadi saya ke atm pas mau ambil uang gagal keluar bacaan 'kartu anda tidak dapat di proses silahkan hubungi bank anda' jika saya langsung mengambil ke teller nya bisa/tidak gan? Dan kalau bisa apa saja syarat nya.
    Mohon infonya gan
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Wahyu Ramadhan
      Tentu saja bisa, silahkan menuju bank terdekat sambil membawa buku tabungan dan fotocopy ktp. Terima kasih

      Delete
  26. Halo, klo misal atm keblokir uang yg di trf ke rek tsb akan ttp masuk atau ga ya?

    ReplyDelete
  27. saya kemarin mau ambil uang d atm MANDIRI, salah pin sampai dua kali(karena lupa) lalu saya berhenti krn takut kalau mencoba yg ketigakali diblokir. kalau menunggu setelah 24 jam mencoba lg masih salh apa nnti akan d blokir?

    ReplyDelete
  28. Gan numpang nanya nih!! Kira-kira kalo buku tabungan rekening kena blokir karena adanya pihak yang mengajukan untuk pemblokiran dengan alasan karena terindikasi game online, itu gimana ya solusinya? Mohon tanggapannya ��

    ReplyDelete
  29. makasih mas atas infonya... kirain duit saya akan hilang selama-lamanya.... ternyata nggak... hehehe

    ReplyDelete
  30. Kalau kartu atm bca terblokir masih bisa di isi uang ngga??

    ReplyDelete
  31. Mas ATM sy ke blokir, trus lalu sy bikinnya di palu dan sekarang sy ada di Jogja. Bisa gk yaa aktifin ATM nya di Jogja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, tapi jangan lupa bawa persyaratannya

      Delete
  32. Atm saya hilang, bukunya juga, tapi ada yg transfer ke atm saya, masih bisa di sedot gak uang yg di transfer tdi? Dan jika uangnyagak ada lagi di atm apakah saya bisa tau syp yg transaksi terakhir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya silahkan langsung tanya ke bank bri terdekat mbak dan jangan lupa bawa ktp. Semoga membantu.

      Delete
  33. Gan mau nanya kalo mau aktifin kartu ATM yg diblokir itu ada batas waktunya gak ya?
    Misalkan diblokir hari Kamis,terus ngurusnya harus secepatnya apa bisa hari Senin?
    Makasih kalo mau jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya sih tidak ada batas waktunya gan, tapi kalau menurut saya pribadi mending diurus secepatnya biar ndak ada rasa gelisah gitu :D

      Delete
  34. Kalo ada transferan masuk itu tetep masuk apa gk y?

    ReplyDelete
  35. Atm ke blokir.. tapi tetep bisa ambil uang ke teller kan?? Itu harus ke pusat ato cabang??

    ReplyDelete
  36. Maaf mau nanya atm bni saya kena blokir tpi saya udah tlp cs dan bilang 30menit lagi bisa di cek
    Tpi nomer pin masuk kembali ke menu masukan nomer pin lagi 2 x gk bisa ke cek saldo itu gimana yah

    Thank

    ReplyDelete
  37. Maaf mau nanya atm bni saya kena blokir tpi saya udah tlp cs dan bilang 30menit lagi bisa di cek
    Tpi nomer pin masuk kembali ke menu masukan nomer pin lagi 2 x gk bisa ke cek saldo itu gimana yah

    Thank

    ReplyDelete
  38. Maaf mau nanyak nih tadi saya kena tipu saya melakukan transaksi pembayaran yb ditujukan ke aku go pay seseorang, kemudian atm saya terblokir karena saya salah memasukkan pin sebanyak 3 kali. Pertanyaan saya apa uang yg saya transfer itu bisa saya ambil kembali dengan membatalkannya?

    ReplyDelete
  39. Maaf mau nanyak nih tadi saya kena tipu saya melakukan transaksi pembayaran yb ditujukan ke aku go pay seseorang, kemudian atm saya terblokir karena saya salah memasukkan pin sebanyak 3 kali. Pertanyaan saya apa uang yg saya transfer itu bisa saya ambil kembali dengan membatalkannya?

    ReplyDelete
  40. Bang kalau ane lagi di luar kota ttp boleh kan? Ke atm terdekat?

    ReplyDelete
  41. No PIN terblokir (atm)terblokir bisa apa gak kalau yg ngurus orang lain
    .dengan membawa Persyaratan buku rek dan fc KTP gan.

    ReplyDelete
  42. Kak mau tanya...ini kartu atm bri saya keblokir gara" salah masukin pin 3 kali ...apa tidak apa" jika saya mengurus.nya nanti , misal.nya kartu atm saya keblokir sekarang tapi saya bisa.nya ngurus minggu depan ??...apa uang saya akan hangus ?

    ReplyDelete
  43. Kalo atm saya keblokir apa gak bisa tarik tunai tanpa kartu? Misalnya pakai nomor hp yg sudah terdaftarkan dengan atm

    ReplyDelete
  44. critanya sama mba tapi . sblumnya saya ngurusnya di kmpung ap bisa ngrus di jakarta . info nya dong trimakasih

    ReplyDelete
  45. Mas tadi saya mengganti pin eh malah k blokir ava uang nya hangus atw ga ava bsa d ambl lagi ktika d bnerin di bank

    ReplyDelete
  46. Mas tadi saya mengganti pin eh malah k blokir ava uang nya hangus atw ga ava bsa d ambl lagi ktika d bnerin di bank

    ReplyDelete
  47. Apa benar begitu mas? Gk bakal hilang uangnya? Sy baru mengalami ini dan ini dinegara orang mas. Ngak mungkin sy pulang soalnya masa visa saya bisa hangus klo sy pulang ke Indonesia.. Sy bingung n takut bgt klo uang sy bkl hilang. Cz sy nyoba lebih Dr 3x sy ykin bner tp trnyata ttp gk bisa.. Apa gak hilang uangnya? Kalaupun ngurusnya gak segera ke bank ? Sy bisanya itu ngurus ke bank indonya 3 bulan lagi?. To long jawabanya

    ReplyDelete
  48. Bro Tlong Infonya Dong.. BANK BNI Saya Teblokir Apakah bisa saya Tarik uangnya..ATM saya BNI Teblokir Karna Salah PIN..apakah sya bisa tarik dana saya melalui Mesin ATM BRI atau BCA atau MANDIRI ? Mohon infonya gan...apakh bisa atau tidak...ATM BNI sya teblokir Tpi sya mau tarik dana menggunakan ATM BNI di mesin ATM BRI Atau MANDIRI Dan BCA ? mohon infonya bos

    ReplyDelete
  49. Halo mbak Devi Camelia
    Kartu atm yang terblokir uangnya akan tetap aman walaupun tidak segera diurus.

    ReplyDelete
  50. Mas mau tanya. Kan kartu atm saya itu hilang terus udah konfirmasi sama pihak bank katanya kartu aku di blokir permanen, terus saldonya itu gimana ya? Dan apa bisa aku buat kartu atm yang baru tapi dengan nomor dan data yang sama? Supaya uang aku gak hilang gitu aja?

    ReplyDelete
  51. Klo uang stor tnai di atm hangus kagak

    ReplyDelete
  52. Permisi saya mau bertanya ni
    Kalau pin ATM terblokir apakah ada batas waktu perbaikannya?
    Terblokir hari Kamis perbaiki Senin apakah masih bisa?
    Tetimkasih

    ReplyDelete
  53. Permisi saya mau bertanya ni
    Kalau pin ATM terblokir apakah ada batas waktu perbaikannya?
    Terblokir hari Kamis perbaiki Senin apakah masih bisa?
    Tetimkasih

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon