Tips Sukses Memulai Bisnis di Usia Muda - Masiptek

Sunday, 6 November 2016

Tips Sukses Memulai Bisnis di Usia Muda


“Jikalau anda tidak terlahir sebagai seorang yang rupawan, maka berusahalah menjadi mapan karena dengan begitu muka anda termaafkan”
Assalamualaikum wr.wb.
Kutipan di atas saya temukan beberapa hari lalu waktu sedang asyik berselancar di salah satu sosial media. Walaupun agak nyelekit (ngena) di hati karena bernada sindiran namun, kutipan tersebut menyampaikan sebuah pesan tersirat bahwa kita harus berusaha untuk menjadi seorang yang sukses baik secara finansial maupun moral.


Bagi saya, sukses itu adalah sebuah kesempatan bagi mereka yang mau dan mampu melihat peluang yang ada. Sukses tidak melulu soal harta atau tahta namun juga soal seberapa bermanfaat kesuksesan tersebut untuk orang-orang di sekitar kita.

“lalu bagaimana cara mencapai sebuah kesuksesan?”

Kesuksesan tidak muncul dengan sendirinya, tidak ada ceritanya seorang anak yang baru lahir langsung memiliki rumah mewah, perusahaan megah, maupun harta melimpah. Karena untuk meraih kesuksesan perlu adanya kerja ekstra, mitra, dan doa yang senantiasa mendukung dibelakangnya. Gambar ilustrasi di bawah ini akan memberikan pandangan mengenai cara meraih kesuksesan.


Gambar di atas memperlihatkan bahwa untuk mendapat nilai 10 bisa ditempuh dengan berbagai cara, sama halnya dengan kesuksesan. Terdapat berbagai cara yang bisa ditempuh untuk meraih sebuah kesuksesan, yaitu salah satu caranya adalah dengan berbisnis.

Di dunia ini sudah banyak orang yang mencicipi manisnya berbisnis, bisa dikatakan bisnis adalah jalan utama mencapai kesuksesan, bagaimana tidak? Karena hampir setiap waktu kita berhubungan dengan orang yang berbisnis, misalnya saja ketika kita ingin belanja pasti akan bertemu dengan orang yang berbisnis jual beli.

Karena begitu menjanjikan, banyak orang berbondong-bondong untuk memulai sebuah bisnis. Oh iya, ngomongin masalah memulai bisnis menurut saya pribadi sebuah bisnis sebaiknya dimulai di usia semuda mungkin dalam hal ini adalah pelajar ataupun mahasiswa, kenapa? Karena seperti kata Bang Haji Rhoma Irama “masa muda adalah masa yang berapi-api”.


Di masa muda pikiran kita masih tajam dan optimal, mampu diajak untuk mempelajari hal baru, menggali ide, kreativitas maupun inovasi sebagai strategi bisnis.

Tak hanya pikiran, saat muda badan kita masih sehat, bugar dan bertenaga, dengan badan yang sehat tentu saja akan menunjang keberlangsungan sebuah bisnis. Selain itu, usia muda membuat seseorang berani untuk mencoba berbagai hal baru tanpa takut merasa gagal dan hal ini bisa membawa dampak positif yaitu terbentuknya jiwa wirausaha sehingga nanti ketika lulus dari sekolah bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Untuk memulai bisnis dikala muda bukan perkara gampang karena pasti akan ada saja kendala yang menyertainya, salah satu persoalannya adalah mengenai modal yang terbatas dan masalah inilah yang kadang membuat para pebisnis muda menyerah sebelum mencoba.

Tapi seperti yang pepatah bilang “setiap masalah pasti ada jalan keluarnya”. Tak terkecuali untuk permasalahan di atas, ada banyak cara yang bisa ditempuh para pebisnis muda untuk mengakali terbatasnya modal usaha, diantaranya adalah dengan menerapkan beberapa Tips Sukses Memulai Bisnis di Usia Muda yang akan saya sampaikan berikut ini.

Niat yang Tulus
“Jika sebuah telur dipecahkan oleh kekuatan dari luar maka kehidupan di dalamnya telah berakhir, namun jika sebuah telur dipecahkan oleh kekuatan dari dalam maka kehidupan baru telah lahir.”

Dari cerita singkat tersebut terdapat sebuah pesan yaitu, hal-hal besar selalu dimulai dari dalam. Untuk memulai sebuah bisnis, kita harus memulainya dengan membenamkan niat yang tulus tentang apa tujuan kita memulai sebuah usaha? Dengan niat tersebut, kita akan selalu bersemangat dan membuat segala hal yang sulit dilakukan akan terasa jauh lebih mudah.


Bisnis yang Dijalankan
Untuk memulai sebuah bisnis, harus ditentukan terlebih dahulu bisnis apa yang mau dijalankan, karena bisnis itu ada banyak macamnya seperti bisnis jual beli, bisnis laundry, bisnis pariwisata, bisnis furniture dan lain sebagainya.

Memilih sebuah bisnis juga tidak boleh asal-asalan, harus ada perhitungan yang akurat tentang kebutuhan masyarakat dan bagaimana prospek ke depannya, apakah akan tetap berjalan atau justru berhenti di tengah jalan? Dan kalau bisa bisnis tersebut sesuai dengan passion yang dimiliki sehingga nanti bisa nyaman dalam menjalaninya.

Sebaiknya mulailah bisnis dari skala kecil terlebih dahulu karena tidak membutuhkan banyak biaya, contohnya adalah bisnis kue atau roti. Ada beberapa pertimbangan yang membuat bisnis ini sangat menguntungkan, yaitu:
  • Bahan baku murah dan mudah didapat
  • Bisa divariasi atau bahkan menciptakan resep sendiri
  • Membuatnya tidak terlalu rumit, ditambah sudah banyak sekali tutorial membuat kue di sosial media
  • Kue lebih bisa bertahan lama, tidak seperti makanan yang lebih gampang basi

Kulakan Bahan Baku
Karena bahan baku untuk membuat kue bersifat tahan lama dan bisa disimpan seperti tepung terigu, mentega dan lain sebagainya membuat membeli dengan metode kulakan bisa menjadi solusi.

Kulakan sendiri bisa diartikan membeli dalam jumlah banyak (grosir), dengan kulakan tentu saja kita dapat merasakan keuntungannya yaitu mendapat harga yang lebih murah dibanding harus membeli satuan, jadi tambah hemat deh. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk kulakan bahan baku adalah ralali.com


Optimalkan Dirimu
Untuk membuat sebuah bisnis yang besar diperlukan banyak orang, namun jika kamu baru memulai sebuah bisnis jangan terlalu cepat untuk merekrut pegawai. Optimalkan dirimu untuk melakukan semuanya sendiri, karena hal itu akan menghemat biaya.

Gunakan Lahan yang Ada
Jika di rumah ada lahan yang tak terpakai, manfaatkanlah lahan tersebut untuk kegiatan bisnis kue milikmu atau bisa juga melakukan kerja sama dengan seseorang yang memiliki lahan yang tak terpakai. Namun, kalau tetap tidak ada kamu bisa menyiasatinya dengan menitipkan kue buatanmu ke toko-toko atau kantin sekolah.

Jangan Malu
Pertama kali memulai usaha, merintis usaha dari bawah dengan cara berjualan dalam skala kecil apalagi kalau teman-teman sekolah tahu tentang ini, pasti beberapa pebisnis muda akan merasa gengsi atau malu.


Hal ini sebaiknya dihindari, karena akan memperhambat jalan menuju kesuksesan. Memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang memalukan, justru terlihat keren karena tak semua orang mau dan mampu untuk memulainya dan akan menjadi lebih keren lagi jika beberapa tahun setelahnya, bisnis yang ditekuni bisa semakin berkembang.

Cukup Satu Kue Spesial
Membuat banyak variasi kue memang penting namun itu membutuhkan biaya yang besar. Cukup buatlah satu kue spesial yang jarang ada di tempat lain dan yang bisa membuat para pembeli merasa ketagihan. Atau buatlah nama kue seunik mungkin, dengan begitu akan ada banyak orang yang penasaran dan tertarik untuk mencobanya.

Manfaatkan Sosial Media
Tak bisa dipungkiri lagi kalau kemajuan teknologi sekarang ini membuat semua kegiatan menjadi makin mudah, apalagi dengan hadirnya berbagai macam sosial media yang saling menghubungkan banyak orang. Seorang pebisnis harus jeli melihat peluang ini, manfaatkan sosial media sebagai sarana mempromosikan diri kepada banyak orang.


Jangan Lupa Menabung
Jikalau bisnis kue kamu mulai menghasilkan untung, jangan terlalu nyaman dulu dan jangan menggunakan keuntungan tersebut untuk hal-hal yang tidak penting. Lebih baik keuntungan yang diiperoleh ditabung terlebih dahulu dan kalau sudah terkumpul bisa kamu gunakan untuk keperluan bisnis agar bisnismu semakin berkembang.

Keperluan tersebut meliputi berbagai macam peralatan yang dibutuhkan dalam proses produksi atau jika kamu memutuskan untuk mengembangkan bisnis dengan cara membuka sebuah kafe maka yang diperlukan adalah peralatan kafe seperti kursi, meja, dan furniture lainnya.

Memang, untuk membuka sebuah bisnis yang lebih besar diperlukan peralatan yang kian banyak pula namun, tidak perlu terlalu khawatir tentang isi kantong karena di ralali.com kamu bisa menemukan berbagai macam perlengkapan untuk memulai bisnis dengan harga yang relatif terjangkau.

"daritadi kok ralali terus? Memangnya ralali itu apa sih?"

Jadi begini, Ralali.com adalah sebuah platform marketplace yang sedikit berbeda dengan marketplace kebanyakan karena ia mengusung sebuah konsep yang disebut B2B (Business to Business). Seperti namanya, konsep ini bertujuan untuk mempertemukan pengusaha dengan pengusaha yang memungkinkan terjadinya transaksi jual beli online secara grosir. Walaupun begitu, kamu juga masih bisa membeli barang per-satuan.

Ralali.com adalah marketplace B2B terbesar di Indonesia, di sini kamu bisa menjumpai banyak sekali produk dari berbagai kategori yang tersedia mulai dari peralatan otomotif, elektronik hingga produk jasa.

Ralali B2B Marketplace memiliki berbagai kelebihan dan fitur yang sangat membantu para pembeli, dan berikut adalah beberapa di antaranya:


Post Buying Request

Jadi, fitur ini akan membantu pembeli ketika barang yang ia cari tidak dapat ditemukan di dalam website ralali. Sedangkan cara untuk menggunakannya juga sangat mudah, kita cukup mengisi beberapa kolom pertanyaan, adapun lebih lengkapnya bisa dilihat melalui tutorial berikut ini:

1. Buka ralali.com kemudian klik tulisan Post Buying Request yang ada di bagian atas.

2. Silahkan isi semua kolom yang tersedia, mulai dari deskripsi produk hingga deadline penyediaan barang.

3. Swipe ke kanan untuk melakukan verifikasi dan jangan lupa untuk mencentang kotak yang di sampingnya bertuliskan "Saya bersedia dibuatkan akun Ralali jika belum memiliki akun" kemudian klik SUBMIT.

4. Proses telah selesai, sekarang tinggal menunggu pemberitahuan. Jika kamu belum memiliki akun Ralali, pemberitahuan akan dikirim melalui email dan SMS. Sedangkan bagi yang sudah, bisa melihat pemberitahuannya melalui Dashboard Buyer - Permintaan.


Cara Belanja di Ralali.com

Siapa hayo yang tidak sabar untuk segera mencoba Ralali? Eits.. tapi tunggu dulu, sebelum itu setidaknya kamu harus paham bagaimana cara belanja di marketplace B2B terbesar di Indonesia ini. Caranya sangat mudah kok, cukup melakukan beberapa langkah seperti yang terlihat pada video di bawah ini.


Untuk metode pembayaran kini sudah bisa dilakukan melalui bank lainnya, seperti BII, BRI dan CIMB Niaga. Bagaimana, sangat mudah sekali bukan berbelanja di Ralali B2B Marketplace? Dengan berbagai macam kemampuan maupun fitur yang dimilikinya Ralali membantu para penjual dan pembeli untuk melakukan proses bisnis dengan lebih mudah, aman dan transparan.

Demikianlah Tips Sukses Memulai Bisnis di Usia Muda yang bisa saya berikan, semoga dapat menjadi pandangan bagi kamu para pemuda yang ingin memulai sebuah bisnis. Saya berharap semoga tulisan ini bisa memberi manfaat dan pengetahuan baru kepada para pembaca serta semoga kita menjadi seorang yang sukses nantinya. Aamiin.

Akhir kata, saya akan menutup artikel ini dengan beberapa quote yang akan membuat siapa saja merasa bersemangat dalam menggapai keinginannya. Sekian terima kasih, Wassalamualaikum wr.wb.
Man Jadda Wajada - Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan berhasil
Setiap orang memiliki jatah gagal, habiskan jatah gagalmu ketika kamu masih muda - Dahlan Iskan


http://news.ralali.com/ralali-blogger-contest/

Sumber penunjang gambar dan tulisan:
Ralali.com
HD Walpapers
Indonesian Treasury


28 comments:

  1. mantep informasinya, saya baru tau kalo ada yang namanya ralali hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga infonya bermanfaat ya :)
      Wah kudet nih haha becanda. Ralali ini sudah ada lumayan lama lo (y)

      Delete
  2. Mantap gan informasinya. Good (y)

    ReplyDelete
  3. Thanks gan sangat membuka pikiran dah :D Nice Post!

    ReplyDelete
  4. Cuman yang masih muda yang bisa nerapin tips ini, aku mah apa atuh umur udah tak muda lagi wkwk hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. enggak kok, tips ini juga bisa dipakai buat semua orang yang mau memulai bisnis pada umumnya :) Selamat mencoba

      Delete
  5. Tipsnya keren, dan Ralali.com emang membantu banget buat para pengusaha, karena mampu menghubungkan pengusaha satu dengan yang lainya untuk transaksi grosir lebih mudah. Sebagai tukang layangan, sayapun jadi terbantu dalam menemukan partner jualan saya

    Btw kunjungan baliknya ya di artikelku ini http://amir-silangit.blogspot.co.id/2016/11/mudahnya-memulai-usaha-di-usia-muda.html

    Terimakasih^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas, ralali emang cocok buat siapapun yang mau memulai sebuah bisnis :)
      Kunjungan balik done mas hehe (y)

      Delete
  6. Informasi nya mantep gan lengkap banget .makasih

    ReplyDelete
  7. Bagus nih ralali untuk orang dropshiper...

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Keren nih.. thanks gan, mantab informasinya

    ReplyDelete
  10. mantap..informatif tulisannya mas. good luck ya :)

    ReplyDelete
  11. josss, sangat lengkap dan mencerahkan. ralali baru denger otw tkp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan
      Oke, selamat ngulik webasite ralali :)

      Delete
  12. man jadda wa jadaa keren!! tetep ciri khas blog mas iptek nihhh keren

    ReplyDelete
  13. wih kayanya mantep nih harus di coba. liat luar ralali dulu ya..

    bisnis juga butuh laptop cek juga http://teknosid.com/berita-teknos/ini-dia-macbook-pro-terbaru-yuk-cek-harga-dan-spesifikasinya

    ReplyDelete
  14. wow, keren nih penjabarannya lengkap.. ^_^

    ReplyDelete
  15. Kren abis tulisan nya! Lengkap sama desain dan gmbar pendukungnya.
    Gokil, gokil! Bsinis di usia muda memang sangat penting. Krna disitu kita punya tenaga dan waktu. Kreativitas juga sedang memuncak di masa muda.

    Oiya, setau saya ralali ini buatan orng indonesia ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, Ralali itu pendirinya orang Indonesia :)

      Delete
  16. Ulasannya lengkap, tinggal prakteknya nih,hehe

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon