Cara Mudah Mengecek dan Mengatasi Typo (Salah Ketik) di Dokumen - Masiptek

Monday, 22 October 2018

Cara Mudah Mengecek dan Mengatasi Typo (Salah Ketik) di Dokumen

Cara Mudah Mengecek dan Mengatasi Typo (Salah Ketik) di Dokumen

Typo merupakan kependekan dari typographical error atau yang biasa disebut sebagai salah ketik atau salah tulis. Typo biasanya terjadi karena tidak sengaja, penyebabnya bisa jadi karena mengetik terlalu cepat, kurang fokus atau ukuran jari tangan yang lebih besar dibanding bidang sentuh sehingga terciptalah typo.

Adanya typo ini ditanggapi berbeda-beda oleh beberapa orang. Ada yang ya sudahlah tidak apa-apa, karena sebuah kata apabila huruf depan dan belakangnya tidak salah, masih tetap bisa terbaca.

Namun, ada beberapa orang yang mempermasalahkannya karena selain tidak enak untuk dibaca, typo bisa membuat kata baru yang memiliki makna berbeda dari kata asli. Tentu saja hal tersebut akan membuat bingung si pembaca.

Apabila typo terjadi dalam sebuah chat mungkin cara yang bisa dilakukan adalah dengan menarik pesan tersebut atau bisa juga mengirimkan pesan lagi dengan kalimat yang sudah tidak ada typo.

Tapi bayangkan apabila typo terjadi dalam sebuah dokumen penting yang harus dicetak? Akan sangat merepotkan bila itu terjadi, karena mau tidak mau harus melakukan cetak ulang dan itu akan memakan waktu serta biaya.

Cara Mengecek Typo Pada Dokumen

Untuk mengatasi typo pada dokumen dengan mudah, ada sebuah cara yang bisa dilakukan. Caranya yaitu dengan melakukan pengecekan dengan bantuan sebuah website yaitu typoonline.

Typoonline sendiri merupakan sebuah KBBI Online yang memudahkan proses pengecekan kata (typo) pada dokumen, kalimat dan situs web. Sedangkan cara untuk mengeceknya adalah sebagai berikut:

  1. Buka website typoonline.com.
  2. Silahkan melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan klik tombol daftar yang ada di pojok kanan atas, dan isi semua kolom yang ada.
  3. Buka email dan lakukan verifikasi (apabila tidak ada email masuk lewati saja langkah ini).
  4. Klik kembali ke menu utama, karena akan otomatis masuk, sekarang kamu sudah bisa melakukan pengecekan terhadap dokumen milikmu.
  5. Klik pada menu Dokumen.
  6. Unggah dokumen yang akan dicek dan tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.
  7. Akan tampil dokumen yang sudah dikoreksi.
FYI: Dari hasil koreksi bila ada kata yang memiliki background merah itu tandanya kata tersebut typo atau tidak sesuai KBBI, sedangkan bila background biru itu tandanya kata tersebut merupakan kata bahasa inggris. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

Cara mengatasi typo pada dokumen dengan mudah

Kamu bisa mengeditnya langsung melalui website typoonline kemudian bila sudah selesai silahkan klik tombol simpan terlebih dahulu kemudian baru klik tombol unduh. Mungkin cukup sekian artikel tentang Cara Mudah Mengecek dan Mengatasi Typo (Salah Ketik) di Dokumen. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Comments


EmoticonEmoticon