Pengalaman Mengikuti Tes CAT SKD CPNS Kemenkumham 2017 - Masiptek

Wednesday, 17 October 2018

Pengalaman Mengikuti Tes CAT SKD CPNS Kemenkumham 2017

Pengalaman Mengikuti Tes CAT SKD CPNS Kemenkumham 2017

Halo, perkenalkan saya Hamba Allah  dan dalam postingan kali ini saya akan membagikan pengalaman tes CAT SKD CPNS Kemenkumham Penjaga Tahanan Tahun 2017. Tes ini mungkin bisa dikatakan sebagai tes tahap awal yang akan menggugurkan banyak peserta. Karena setiap peserta tes paling tidak harus memiliki nilai sama dengan atau di atas passing grade (batas nilai) yang sudah ditetapkan.

Pada saat itu pendaftar terbilang sangat banyak, menjadikan tes harus dilaksanakan beberapa hari dan per harinya dibagi menjadi beberapa kloter. Saya mengikuti tes di Politeknik Pelayaran Surabaya. Saat tes peserta wajib untuk mengenakan setelan baju putih lengan panjang, celana kain hitam dan sepatu pantofel.

Sebelum memulai tes, saya dan peserta lain bisa menitipkan tas atau barang bawaan di tempat yang sudah disediakan. Di tempat penitipan barang ada pemberitahuan tentang apa saja yang boleh dibawa dan tidak boleh dibawa.

Baca juga: Pengalaman Tes SKB Kesemaptaan CPNS Kemenkumham 2017

Setelah itu, saya menunggu jam dan kloter yang sudah diberitahukan sebelumnya di masjid yang ada di lingkungan Polteknik Pelayaran Surabaya. Saran saya, saat menunggu itu bisa digunakan untuk membaca sekilas materi yang diujikan dalam tes atau bisa digunakan untuk memperbanyak doa agar dalam menjalani tes bisa diberi kemudahan.

Saat menunggu itu pula, saya bertemu dengan beberapa peserta yang sudah selesai menjalani tes, dan mereka membawa kabar yang berbeda-beda. Ada yang bilang soal yang keluar sulit, adapula yang wajahnya menyinarkan rona kebahagiaan karena bisa menyelesaikan tes dengan baik.

Hal itu tentu saja akan membuat hati ini merasa deg-deg ser. Ada perasaan takut kalau soalnya sulit namun adapula rasa motivasi yang membara "kalau dia bisa, masa saya tidak?".

Saat itu pula, saya tidak sengaja mendengar pembicaraan antara peserta yang sudah tes dengan temannya yang belum tes. Temannya ini tanya, soal TWK yang keluar tentang apa? Si temennya ini jawab, "tentang ASEAN bro paling banyak keluar".

Seketika itu juga, saya browsing tentang ASEAN dengan harapan nanti bisa menjawab apabila ada soal yang keluar. Waktu sedikit demi sedikit berlalu, dan saatnya saya untuk beranjak masuk ke ruangan tes.

Sebelum masuk, kita diperiksa dulu oleh petugas (untuk menghindari adanya kecurangan yang dilakukan oleh peserta). Setelah masuk, saya disambut oleh puluhan atau mungkin ratusan komputer yang akan digunakan untuk melaksanakan tes dan ada juga beberapa layar proyektor.

Kemudian para peserta dipersilahkan untuk memilih komputer sesuai kehendak hati masing-masing. Di setiap meja komputer telah disediakan kertas hitungan dan alat tulis. Sebelum ujiannya dimulai akan diputarkan sebuah video tentang tata cara menjawab atau mengoperasikan komputer saat melakukan tes. Setelah itu barulah kita dipersilahkan untuk mengerjakan soal.

Dalam mengerjakan keseluruhan soal (100 soal) kita hanya diberi waktu 90 menit. Jadi kalau dihitung-hitung untuk menyelesaikan satu soal kita hanya punya waktu 54 detik saja. Oleh sebab itu, harus pandai dalam mengatur waktu. Jangan terpaku dengan satu soal yang sulit untuk dikerjakan. Coba lewati dulu soal yang sulit dan jawab soal yang kamu anggap bisa.

Jangan terpaku dan jangan cepat-cepat dalam mengerjakan soal, kamu harus teliti dan fokus. Takutnya kalau terlalu cepat nanti malah tidak teliti dan membuat jawaban menjadi salah. Cepat boleh tapi harus teliti.

Ada juga soal yang begitu panjang (soal Bahasa Indonesia) sehingga membutuhkan waktu yang lumanyun lama untuk menyelesaikannya, kalau saya dulu ketemu soal model begini langsung auto skip. Jadi, saat mengerjakan soal CAT SKD saya usahakan yang mudah dan pendek dulu, baru setelah itu yang panjang dan sulit.

Dalam mengerjakan soal jangan harap bisa tengok kanan tengok kiri, karena soal antara satu komputer dengan komputer lain itu berbeda dan ditambah dengan adanya beberapa pengawas di sisi ruangan tes yang setia memantau kita. Soal dalam tes CAT SKD sendiri terbagi menjadi tiga bagian atau materi, yaitu:
  • TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) yang berjumlah 30 soal tentang Pancasila, UUD, sejarah bangsa dan lain sejenisnya. Dalam materi ini salah / tidak dijawab nilainya 0, benar nilainya 5.
  • TIU (Tes Intelegensi Umum) yang berjumlah 30 soal tentang Bahasa Indonesia, matematika dasar, deret angka, dan lain sejenisnya. Dalam materi ini salah / tidak dijawab nilainya 0, benar nilainya 5.
  • TKP (Tes Karakteristik Kepribadian) yang berjumlah 40 soal tentang cara kita bersikap dalam sebuah hal atau situasi atau permasalahan. Dalam materi ini tiap jawaban ada nilainya antara 1 sampai 5.
Setiap materi di atas memiliki passing grade (batas nilainya) masing-masing yang harus bisa "ditaklukan" oleh para pejuang CPNS. Adapun besaran passing grade tiap materi adalah sebagai berikut:
  • TWK nilainya harus 75 poin (artinya peserta paling tidak harus bisa menjawab dengan benar 15 soal dari 30 soal). 
  • TIU nialinya harus 80 poin (artinya peserta paling tidak harus bisa menjawab dengan benar 16 soal dari 30 soal).
  • TKP nilainya harus 143 poin.
Ketiga-tiganya harus bisa memenuhi passing grade, jadi misal nanti TWK dapat nilai 75, TKP dapat 150 dan TIU dapat 75, kamu dinyatakan tidak lolos karena ada satu materi yang tidak memenuhi passing grade yaitu TIU.

Jangan lupa juga untuk selalu mengingat durasi, takutnya karena asyik mengerjakan soal jadi lupa waktu. Lalu, semisal sudah selesai mengerjakan semua soal namun waktunya masih ada saran saya sih gunakan waktu tersebut untuk kembali mengoreksi jawaban terutama jawaban yang kamu anggap ragu-ragu. Kalau sudah benar merasa yakin, kamu bisa klik selesai atau bisa juga dibiarkan sampai waktunya habis nanti akan otomatis nilai kamu muncul di layar monitor.

Kembali ke cerita, waktu mengerjakan dulu memang ada beberapa soal yang sulit ada juga yang mudah dan soal tentang ASEAN tidak keluar sama sekali, yang banyak keluar punya saya dulu adalah tentang Pancasila dan nilai-nilainya.

Sebenarnya mudah atau sulit itu relatif sih, kalau semisal giat belajar pasti bakal bilang mudah dan begitu pula sebaliknya. Semua tergantung pada dirimu.

Selain itu soal-soal yang saya baca di internet dan aplikasi android hampir tidak ada yang muncul sama sekali. Namun, alhamdulillah saya tetap masih merasa bisa mengerjakannya dan pada akhirnya hasil yang saya dapat memenuhi passing grade walaupun nilainya tidak terlalu tinggi. Alhamdulillah.

Inti dari postingan ini:

  1. Saat melaksanakan tes kerjakan soal yang kamu anggap bisa terlebih dahulu.
  2. Jangan fokus terhadap satu soal.
  3. Jangan terlalu lambat dan jangan terlalu cepat dalam mengerjakan soal.
  4. Jangan menyontek (karena akan sia-sia).
  5. Ingat waktu dan jangan lupa koreksi kembali jawaban bila waktu masih ada.
  6. Jangan lupa berdoa.
Mungkin itu dia pengalaman singkat saya dalam mengikuti Tes CAT SKD Kemenkumham Formasi Penjaga Tahanan 2017, semoga apa yang saya bagikan ini bisa bermanfaat untuk para pembaca. Akhir kata, saya ucapkan selamat berjuang untuk rekan-rekan yang akan menjalani Tes CAT SKD Kemenkumham Tahun 2018, jangan lupa belajar, berdoa, minta restu kedua orang tua, semoga diberi kelancaran dan kesuksesan. Aamiin. 

Comments

6 komentar


EmoticonEmoticon