Cara Mengatasi Eror WordToRqm.dot di Microsoft Word - Masiptek

Wednesday, 5 June 2019

Cara Mengatasi Eror WordToRqm.dot di Microsoft Word


Beberapa waktu lalu teman saya mengalami sebuah masalah kecil pada microsoft word 2010 miliknya, entah kenapa tiba-tiba tiap kali membuka sebuah dokumen akan muncul sebuah pesan berbunyi "cannot find the Word document template: WordToRqm.dot".

Setelah pesan itu dikeluarkan, di sebelah kiri tampilan word akan muncul document recovery yang berisi daftar dokumen-dokumen sebelumnya yang tersimpan secara otomatis. Selain mengganggu, munculnya pesan ini juga menimbulkan gejala lain.


Seperti yang diceritakan teman saya, gejala lain yang muncul adalah ia tidak bisa menyimpan dokumennya secara langsung dengan klik save, tapi ia masih bisa menyimpannya dengan save as.

Baca juga dong kaka:
Mungkin bagi sebagian orang masalah ini terlihat sepele dan tidak beresiko karena tidak merusak atau mengubah dokumen itu, namun bagi yang mengalaminya pasti merasa sebel dengan masalah ini.

Saya sendiri tidak tahu secara pasti apa yang menyebabkan masalah ini muncul, namun berdasarkan apa yang sudah saya baca, masalah ini muncul karena adanya add ins dari Power Designer. Add ins sendiri merupakan sebuah program yang akan membantu dalam meningkatkan peforma atau produktivitas.

Mengatasi Eror WordToRqm di Microsoft Office Word

Namun karena mungkin ada kesalahan pada add ins-nya sehingga bisa membuat sebuah eror seperti yang akan dibahas pada tutorial kali ini. Untuk mengatasi masalah wordtorqm.dot ini caranya sangat mudah, tinggal mengganti pengaturan yang ada di bagian registry editor. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

 1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menekan kombinasi tombol windows + R, nanti akan muncul sebuah menu Run dan silahkan isikan dengan kata regedit kemudian tekan enter.

2. Kemudian secara berurutan, pilih HKEY_CURRENT_USER - Software - Microsoft - Office - Word - Addins - WordToRQM12.

3. Kamu akan menjumpai sebuah file bernama LoadBehavior, double klik pada file tersebut dan pada kotak Value data silahkan hapus angka 3 dan ganti dengan angka 2. Terakhir jangan lupa klik tombol OK.

Kalau sudah, buka lagi microsoft word kamu dan pesan eror cannot find the Word document template: WordToRqm.dot akan hilang. Word sudah bisa berfungsi dengan baik seperti sedia kala. Mungkin cukup sekian artikel tentang cara mengatasi eror wordtorqm.dot di micorosft word. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Comments


EmoticonEmoticon